Breaking

Monday, June 3, 2024

Capai 40 Persen, Rekonstruksi Jembatan Djanias Djangkan Dipastikan Selesai Tepat Waktu

Mwawasan, Pulang Pisau (KALTENG)~ Proses pelaksanaan kegiatan Rekonstruksi Jembatan Djanias Djangkan yang berlokasi di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten setempat, kini pengerjaannya terus dikebut oleh pihak rekanan atau pelaksana pekerjaan.

Mengingat jembatan tersebut merupakan akses penghubung utama warga terdekat untuk menuju kota pulang pisau maupun sebaliknya, baik pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan tidak jarang jalan tersebut juga digunakan sebagai jalur transportasi dari arah Banjarmasin/Kapuas menuju kota Palangkaraya.

Sehingga sangat diharapkan semua pihak, khususnya bagi pengguna jalan yang melintasi jembatan tersebut, proses pelaksanan pekerjaannya bisa diselesaikan sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan oleh pihak terkait.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pulang Pisau, Usis I Sangkai menyampaikan, perbaikan jembatan akan terus dikebut dan pengerjaannnya akan dikawal sehingga bisa selesai sesuai jadwal, sehingga masyarakat dapat kembali menggunakan jembatan tersebut seperti biasanya.

"Untuk jembatan Djanias Djangkan saat ini pengerjaannya sudah berjalan 40 persen, kami akan genjot terus supaya pengerjaannya bisa selesai sesuai target waktu", kata Usis saat diwawancarai awak media, Jumat (31/5/2024).

Ia berharap, masyarakat bisa lebih bersabar agar hasil dari pekerjaan tersebut nantinya sesuai dengan yang diharapkan bersama. Karena menurutnya, perbaikan jembatan tidak bisa dipaksakan harus selesai secepatnya.

"Sebab dalam pengerjaannya harus mempertimbangkan kekuatan dan kualitas bahan material yang digunakan, seperti semen dan lain-lain. Kendati demikian dalam pelaksannya pasti akan kita upayakan bisa diselesaikan sesuai target waktu yang dijadwalkan", tandasnya.

Usis menambahkan, sementara menunggu proses pengerjaan jembatan tersebut selesai, sebagai alternatif  masyarakat bisa menggunakan jalan yang sudah ada, yakni melewati jalan Trans Kalimantan.

Karena menurutnya jalan tersebut kini sudah mulai bagus dan sudah mulai bisa dilewati oleh pengguna jalan. Sehingga untuk kegiatan acara seperi Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pulang Pisau maupun Pesparawi yang akan digelar dalam waktu dekat ini, masyarakat tidak perlu khawatir karena masih ada jalan alternatif.

Di lain pihak, salah satu warga setempat, Pak Apul saat dibincangi awak media, sangat mendukung dan mengapresiasi adanya rehab atau rekonstruksi jembatan tersebut. Pasalnya, menurut dia posisi tanjakan sebelumnya untuk menuju jembatan tersebut terlalu curam, sehingga berpotensi bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan.

"Saya selaku masyarakat Pulang Pisau sangat mendukung perbaikan Jembatan Djanias Djangkan ini, saya apresiasi pihak pemerintah karena cepat tanggap untuk memperbaiki jembatan dimaksud", ungkapnya.

"Saya berharap, semoga perbaikan jembatan ini bisa diselesaikan secepatnya dan tentunya tetap memperhatikan kualitas, keselamatan pekerja dan pengguna jembatan tersebut nantinya", harapnya.

Sementara itu, pelaksana pekerjaan rekonstruksi jembatan tersebut saat dikonfirmasi via whatsapp menyampaikan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar pekerjaan tersebut bisa selesai sesuai target waktu yang ditentukan.

"Kami pihak pelaksana pekerjaan, akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan ini sesuai dengan jadwal waktu yang sudah ditentukan. Mudah-mudahan pada akhir bulan juni nanti sudah bisa mencapai target 75%, sehingga selanjutnya tinggal tahap finishing saja untuk agregat dan pengaspalan", ucapnya.

#Zul

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas