Breaking

Friday, October 13, 2023

TPP-PKK Pasbar Bersama Dinkes Launching Posyandu Terintegritasi dan Pilot Project Penanggulangan Stunting di Kecamatan Gunung Tuleh


MWawasan
,
Pasbar (SUMBAR)~  Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejehateraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Pasbar Launching Posyandu Terintegritasi dan Pilot Project Penanggulangan Stunting di Posyandu Seroja Nagari Ranah Sungai Magelang, Kecamatan Gunung Tuleh, pada Kamis (12/10/2023).

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Pasbar, Ny. Titi Hamsuardi mengatakan bahwa posyandu merupakan pelayanan kesehatan dasar masyarakat, pemerikasaan kesehatan dasar sehingga masyarakat yang berkunjung ke posyandu dapat memerikasakan kesehatannya.

Ia juga menjelaskan bahwa nantinya pencatatan administrasi, dokumentasi, serta inovasi kader merupakan penilaian yang dilakukan tiap tahunnya. PKK yang berperan sebagai pembina, penanggung jawab, serta pelaksana dari kegiatan posyandu.

“Dalam lomba posyandu yang menjadi penilaian adalah bagaimana lengkap tidaknya administrasinya, dokumentasi yang sudah dilaksanakan, dan apakah sudah terintegrasi. Silahkan para kader untuk berupaya berinovasi agar masyarakat bisa datang keposyandu,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan, Hajran Huda mengucapkan terima kasih karena dengan adanya integritas ini bisa mencapai posyandu yang mandiri. Ia juga menyampaikan bahwa nantinya akan menambah jumlah posyandu yang merupakan tujuan integrasi kegiatan Dai.

“Adapun keistimewaan keintegritas saat ini adalah berintegritasi dengan semua siklus kehidupan, bukan hanya pemeriksaan pada imunisai bayi saja tetapi juga  dapat memeriksakan kesehatanya. Jadi dengan adanya integrasi ini, bapak dan ibuk yang tidak punya bayi juga bisa datang ke tempat posyandu untuk mrngetahui sedini mungkin penyakit apa yang diderita agar dapat kita prediksi,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya Untuk Posyandu seroja di nagari ranah sungai magelang di khusus kan sebagai pilot project penanggulangan stunting bagi Kec gunung Tuleh Karna Posyandu seroja ini merupakan Posyandu terintegatasi yang saat ini bukan hanya pemeriksaan imunisasi bayi balita melainkan untuk pelayanan kesehatan bagi seluruh siklus kehidupan

Kemudian, camat Gunung Tuleh, Perdinan Ujang juga menyampaikan bahwa posyandu merupakan garda terdepan dalam pelayanan masyarakat terutama pada penurunan angka stunting.

Ia berharap kedepannya pemerintah nagari melakukan penambahan posyandu karena sasarannya sudah semakin banyak.

“Jadi harapan kami kedepannya kepada pemerintah nagari serta bamus dan anggota bahwa minimal di 2024 tentu adanya penambahan posyandu karena kami melihat sasarannya sudah semakin banyak,” harapnya.  

#By Roni 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas