Breaking

Friday, October 13, 2023

Pemnag Langgam Sepakat Mengelar Musna, Susunan Perencanaan Pembangunan Nagari Tahun Anggaran 2024


MWawasan, Pasbar (SUMBAR)~ Pemerintah Nagari langgam Sepakat Kecamatan Kinali. Pasaman, Barat (Pasbar) mengelar musyawarah nagari penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2024 Musna yang digelar di Kantor Nagari langgam Sepakat. Kamis/12/2023).

Musyawarah Musna yang di pimpin langsung oleh Ketua Bamus Arlismanto Dt Indo Marajo bersama Pj Wali Nagari langgam Sepakat Mawardi. Sekretaris Nagari Dori Syafrizal S.S.i  untuk menyampaikan bahan pokok pikiran dari Bamus dalam musyawarah Musna tersebut. yang turut hadir Camat Kinali yang diwakili oleh Kasi Ekbang Jupriyanto. dan kepala Kantor KUA Kinali. serta Wakapolsek Kinali.IPDA Syaflizar Nasution SH.

Dan turut hadir dari instansi terkait yaitu P3MD Pendamping Desa Kecamatan Kinali.dan Anggota DPRD kabupaten Pasaman Barat.Ali Naser SH. juga turut hadir dari DPMN yang Kepala jorong Indra Gunawan dari Unsur Ninik Mamak juga tokoh masyarakat setempat dan para tamu undangan lainya.

Musna dibuka langsung oleh Ketua Bamus Arlismanto Dt Indo Marajo menyampaikan bahan pokok pikiran dari gagasan kegiatan yang akan kita sampaikan dalam musyawarah Musna nagari. untuk penjabaran dokumen kepada pemerintah rancangan kerja (RKP) nagari untuk Pembangunan tahun 2024 nanti, ulasnya.

Hal tersebut karna "RKP nagari menjadi Dasar penyusunan dan penetapan APB Nagari yang nantinya yang diusulkan oleh pemerintah nagari kepada pemerintah kecamatan maupun kabupaten melalui mekanisme tentang  perencanaan pembangunan untuk  nagari, ujarnya.

Sementara itu, Sambutan dari Camat Kinali yang diwakili oleh Jupriyanto mengatakan menyampaikan kepada seluruh peserta yang ikut berpatisipasi dalam musyawarah Musna ini dalam pembahasan rencana pembangunan nagari wujud nyata dari demokrasi yang melibatkan seluruh elemen dan hunsur masyarakat dalam menetapkan prioritas tentang pembangunan nagari  tersebut, terangnya.

Pj wali nagari langgam Sepakat Mawardi.dan melalui Sekitarnya Dori Syafrizal S.S.i mengatakan bahwa dalam musyawarah ini kami selaku pemerintah nagari langgam Sepakat harapan kepada seluruh lembaga yang ada di nagari langgam Sepakat kususnya.

Agar untuk menilai yang dibangun mana yang sangat mendesak dan mana yang arus di prioritaskan sehingga menjadi dasar yang paling relevan.untuk ditetapkan dalam RKP nagari tahun anggaran 2024.serta kita menggunakan pagu anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat tahun 2023.untuk menjadi pengajian awal dalam penyusunan RKP nagari tahun anggaran 2024.sebagai dasar penyusunan APB nagari 2024, ujarnya.

Para peserta dalam musyawarah tersebut dibagi menjadi 2 dua kelompok untuk menentukan yang mana harus di prioritaskan pada tahun 2024 nanti di bidang penyelenggaraan Pemerintah Nagari, pembangunan, Pemberdayaan dan pembinaan.dalam kegiatan Musna tersebut juga di bentuk Tim Verifikasi Proposal dan RAB serta RKTL. ujarnya.

Setelah dalam musyawarah Musna tersebut dan sudah mendapat kesepakatan bersama dan dilanjutkan penandatangan berita acara asil kesepakatan yang untuk ditanda tangani  oleh ketua Bamus Arlismanto serta  Pj wali nagari  Mawardi dan para perwakilan lembaga juga tokoh masyarakat yang hadir. sebanyak 20 item yang di prioritaskan. pada tahun 2024.nanti Namun tergantung kita melihat dari angaran yang tersedia, sebutnya. 

#By Roni
 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas