Breaking

Friday, October 13, 2023

Festival Budaya Tak Sumatera Barat Buka Benda Resmi Dibuka Gubernur Sumbar


MWawasan, Payakumbuh (SUMBAR)~ Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi  Ansharullah buka secara resmi Festival Warisan Budaya Tak Sumatra Barat buka Benda  (Intangible Cultural Heritage Festival West Sumatra) 2023  dibuka oleh  Sumatra Barat, di Kota Payakumbuh, Kamis (12/10/2023) malam.

Kegiatan ini menghadirkan lima delegasi dari luar negeri, yakni Malaysia, India, Singapura, dan dua delegasi dari Indonesia, yaitu dari Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara.yang berlangsung selama lima hari.

Gubernur Mahyeldi pada kesempatan itu  mengatakan bahwa festival ini merupakan upaya untuk melestarikan dan melindungi warisan budaya tak benda, khususnya di Sumatra Barat.

"Festival ini akan memberikan manfaat. Warisan budaya tak benda akan dihargai di daerah kita maupun daerah lain. Festival ini adalah hal yang positif," ucapnya.

Kemudian Ia  menambahkan bahwa festival ini akan menjadi gerakan serta motivasi warga untuk melestarikan budaya.

 Ketua DPRD Sumatra Barat, Supardi,dalam sambutannya  mengatakan bahwa festival ini merupakan impian dan harapan bersama untuk menjadikan budaya sebagai sandaran.

"Ini (Festival Warisan Budaya Tak Benda Sumatera Barat /Intangible Cultural Heritage Festival West Sumatra 2023 adalah impian dan harapan kita bersama," ucapnya.

Sementara Sekda Payakumbuh.Rida Ananda yang mewakil Pj,Walikota Payakumbuh mengungkapkan dan  mengapresiasi dengan ditunjuknya Payakumbuh sebagai tempat pelaksanaan festival ini.

"Terima kasih dan apresiasi serta dukungan kami dengan ditunjuknya Payakumbuh sebagai tempat pelaksanaan Festival Warisan Budaya Tak Benda Sumatera Barat 2023," ucapnya.

Kemudian Direktur Festival WBTB, S. Metron, mengatakan bahwa persoalan terbesar kebudayaan adalah, tidak terkoneksinya ekosistem.

"Festival Warisan Budaya Tak benda 2023 mencoba menating menuju ekosistem. Kegiatan ini akan memberi arus agar terkoneksi," ungkap S. Metron.

Ketua Panitia Festival Warisan Budaya Tak Benda Sumatra Barat (Intangible Cultural Heritage Festival West Sumatra) 2023, Syaifullah, dalam laporanya menyebutkan bahwa festival ini akan menampilkan berbagai warisan budaya tak benda dari berbagai daerah, mulai dari lokal, regional, hingga internasional.

"Kegiatan ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Pertunjukan Budaya, Pameran Kuliner, Demo Masakan Tradisi, Pameran Manuskrip, Permainan Anak Nagari, Pemutaran Film WBTB, Tour Budaya serta Diskusi Naskah Kuno," ucap Syaifullah.

Acara pembukaan festival ini juga menampilkan dua orang Pandeka Silek dari Perguruan Silek Karang Cabang Birmingham Inggris, Tari Bubuang Tukuak Padi, dan sejumlah kesenian lainnya. 

#S dt  

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas