Breaking

Saturday, April 8, 2023

Tingkatkan Pemahaman Pengawasan Pemilu, Bawaslu Padang Pariaman Adakan Bimtek


MWawasan, Padang Pariaman (SUMBAR)~ Bawaslu Padang Pariaman adakan bimbingan teknis (Bimbingan Teknis) pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Bersama Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Padang Pariaman di Rocky Hotel Padang, Jum'at (7/4/2023). 

Bimbingan teknis yang  bertemakan Aktualisasi penyelenggara pemilu dalam melaksanakan pengawasan pemilu dan pemilihan dengan konsep soliditas, sinergitas, dan berkepastian hukum ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman terkait pengawasan pemilu 2024 di lingkungan Bawaslu Padang Pariaman dan Panwascam Se-Kabupaten Padang Pariaman. 

Kegiatan yang digelar selama dua hari (7 - 8 April 2023) tersebut, dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Anton Ishaq, didampingi anggota Zainal Abidin dan Rudi Herman. 

Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Anton Ishaq dalam sambutannya menyampaikan "Sampai saat ini beberapa tahapan dalam pemilu 2024 sudah kita lakukan pengawasan, baik itu pengawasan terhadap penyelenggara teknis, peserta pemilu, ASN dan seluruh stakeholder yang diamanatkan oleh Undang-Undang dan Peraturan yang berlaku, kedepannya akan banyak tahapan demi tahapan yang harus kita awasi bersama dan membutuhkan nilai solidaritas yang lebih tinggi lagi untuk membentuk tim yang lebih kuat". 

"Dalam melaksanakan tugas pengawasan pemilu yang berkepastian hukum tentunya seluruh jajaran Bawaslu Padang Pariaman diharuskan memiliki pemahaman yang matang terhadap Peraturan yang berlaku, baik itu terhadap tahapan yang sedang berjalan maupun tahapan yang menanti di depan, diharapkan melalui bimbingan teknis sahabat panwascam semua dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya". Harap Anton Ishaq.

Anton Ishaq menegaskan "Pengawasan yang sahabat panwascam lakukan agar melibatkan seluruh stakeholder terkait, seperti dalam melakukan pengawasan terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang saat ini sedang berlangsung, untuk selalu bersinergi dengan Camat, Wali Nagari, Wali Korong, Niniak Adat, Tokoh pemuda dan tokoh masyarakat lainnya, karena kolaborasi yang seperti ini akan menghasilkan pengawasan yang efektif".

Adapun dalam kegiatan ini, Bawaslu Padang Pariaman menghadirkan nara sumber eksternal dari akademisi maupun praktisi dan penggiat Kepemiluan diantaranya Dr (c) Hendra Naldii SS., M.Hum, Dr. Harry Efendi Iskandar SH., MH dan Prof. Dr Asrinaldi S.Sos., M.Si.

#AL/CAN

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas