Breaking

IKLAN BAWASLU



Thursday, January 12, 2023

Desa Lubuk Kemang akan Kembangbiakkan Ikan Lele dan lkan Mas

 

MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ Desa Lubuk Kemang, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara(Muratara) Provinsi Sumatera Selatan memiliki berbagai potensi untuk dikembangkan.


Kepala Desa Lubuk Kemang Suharto bersama Warganya yang tergabung dalam Kelompok Tani akan Mengembangkan berupa  ternak ikan Lele dan ikan Mas cukup dengan Menggunakan Keramba itu sudah Lumayan jika Punya niat untuk di bidang ikan Lele dan ikan Mas.


Salah satunya, di sektor perikanan. Jika potensi itu digarap dengan baik, akan berdampak positif bagi perekonomian.


Melihat besarnya potensi tersebut, Kepala Desa Lubuk Kemang Suharto berencana mengembangkan ternak ikan Lele.

 
Tidak hanya itu, bersama warga Desa Lubuk Kemang yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan), juga akan mengembangkan budidaya ikan Mas keramba.


“Gagasan dan ide untuk beternak ikan Lele, diharapkan menjadi contoh warga lainnya. Kami juga merencanakan budidaya ikan Mas keramba di Sungai Rawas,” kata Suharto, Kamis (12/1/2023).


Dia menyebut, ternak Lele merupakan salah satu bentuk program pemberdayaan masyarakat. Dia menginginkan, masyarakat dapat merasakan manfaat dari budidaya ikan Lele yang akan dikembangkan.


Selaras dengan program ketahanan pangan, yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan memberikan manfaat secara adil dan merata berdasarkan kemandirian.


Namun, tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat untuk menganali potensi dan kemampuannya.


“Kami, pemerintah Desa dalam program ketahanan pangan ini, melihat berdasarkan potensi yang ada di desa. Agar manfaat program ini bisa dirasakan langsung ole masyarakat,” imbuhnya.

 

Jika ternak ikan Lele dan budidaya ikan Mas di kerambah, dengan memanfaatkan aliran sungai Rawas ini berhasil. Maka, bisa dijadikan salah satu Pendapatan Asli Desa (PAD) Lubuk Kemang.

 

“Kalau ternak Lele dan budidaya ikan Mas keramba ini berhasil, akan dijadikan PAD, agar bermanfaat untuk masyarakat," katanya.

 
#A.Rahman

No comments:

Post a Comment

"Prakiraan Cuaca Minggu 05 Februari 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas