Breaking

Wednesday, January 25, 2023

Bupati Suhatri Bur Tinjau Lokasi Korban Dampak Banjir dan Longsor


MWawasan, Padang Pariaman (SUMBAR)~ Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur turun ke beberapa titik bencana yang diakibatkan oleh curah hujan yang deras  kemarin Senin (23/01/2023).

Hal ini dilakukan untuk melihat dan memastikan secara langsung keadaan warga yang terdampak banjir dan longsor, Didampingi Sekda Rudy Repenaldi Rilis dan Kepala OPD terkait Bupati Suhatri Bur memantau 15 titik bencana di 5 kecamatan sampai dinihari. 

Suhatri Bur memantau kondisi di beberapa titik bencana di Kecamatan Nan Sabaris, Kecamatan Ulakan, Kecamatan Batang Anai, dan Lubuk Alung, serta titik bencana longsor di Kecamatan VII Koto. Dalam kunjungannya tersebut, Bupati melakukan komunikasi langsung dengan warga yang terdampak bencana.

Pada kesempatan itu, Suhatri Bur yang juga Ketua DPD PAN Padang Pariaman ini, menyampaikan rasa empati yang dalam. Dia mengajak warga untuk tetap bersabar dan meningkatkan rasa tawakal kepada Allah. 

Pesannya, bahwa setiap bencana yang terjadi adalah atas kehendak yang maha kuasa. Namun dia mengingatkan, agar warga tetap hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan untuk segala kemungkinan yang terjadi. 

"Insya Allah setiap bencana itu ada hikmah yang bisa menjadi pelajaran dan teguran kepada kita semua. Mari kita sama berdoa, untuk bencana ini cepat berakhir dan masyarakat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya memotivasi, saat kunjungan ke beberapa titik pengungsian sementara di beberapa titik bencana, dini hari Selasa (24/01/2023). 

Bupati Suhatri Bur juga memberi bantuan seadanya untuk warga yang terdampak banjir dan longsor tersebut. Bupati membagikan nasi bungkus dan juga kebutuhan selimut yang diserahkan langsung kepada korban bencana dan beberapa kebutuhan lainnya yang mendesak dibutuhkan korban saat itu.

Untuk penanganan lebih lanjut, Bupati Suhatri Bur menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait untuk mengambil peran masing-masing. Dia berharap, korban yang terdampak bencana tidak boleh dibiarkan berlama-lama di tempat pengungsian. Karena akan menambah bencana berikutnya seperti penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. 

Disamping peran BPBD terus ditingkatkan, beberapa OPD langsung menindaklanjuti instruksi tersebut. Dinas Sosial P3A langsung mendirikan dapur umum di beberapa titik dan Dinas Kesehatan mendirikan Posko Kesehatan untuk melayani pemeriksaan para korban yang terdampak bencana. Demikian juga Dinas PUPR mengerahkan beberapa unit alat untuk melakukan evakuasi dan sejenisnya.

"Untuk memastikan masyarakat tetap dalam kondisi sehat, Semua daerah yang terkena bencana harus di cek kesehatan seluruh warganya," ungkap Suhatri Bur menegaskan. 

Ikut hadir mendampingi Bupati Suhatri Bur Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) El Abdes Marsyam, Kepala Dinas Kesehatan dr. Aspinudin, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman Helmi. Terlihat juga ikut mendampingi camat dan wali nagari setempat.

#Al/Can

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas