Breaking

Friday, October 14, 2022

Optimililasi Pembangunan Desa Ciela Bayongbong Garut yang Semakin Tertata


MWawasan, Garut ( JAWA BARAT ) – Pemerataan sekaligus pemetaan yang saat ini di Desa Ciela sangat begitu signifikan dari mulai Akses jalan sampai ke infrastruktur tertata dengan apik, sementara Kepala Desa Ciela, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut,Jawa - Barat. Ade Sapari mengatakan, salah satu cara mempercepat pembangunan ekonomi lokal, yaitu dengan membangun akses jalan dengan cara di hotmix, pembangunan beberapa insfraatruktur dari mulai Tembok Penahan Tanah ( TPT) dan pembangunan kantor desa melalui pemagaran kantor desa. 

Tak hanya itu, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Program tersebut akan bermuara guna membantu pemerintah melihat dan mengembangkan kearifan lokal di masyarakat.

"Dengan adanya pemetaan dan penataan berbagai pbangunan yang ada di wilayah desa kami ini, diharapkan dapat menjadi atau mempermudah warga masyarakat khususnya dalam bidang peningkatan perekonomian mereka, " ujar Kepala desa ( Kades) Ciela, Ade Safari saat diwawancarai Media Wawasan diruang kerjanya, Jum'at,( 14/10/2022 ). 

Disisi lain Ade berharap, Desa Ciela untuk kedepan lebih maju dan berkembang dalam segala bidang utamanya dalam sosial kemasyarakatan agar lebih kondusif dan harmonis antara pemerintahan desa dengan warga masyarakat. Mungkin Selain itu juga Kades Ciela sangat berharap ingin mengoptimalkan segala potensi yang ada di desa Ciela agar mempunyai nilai ekonomi sehingga bisa memberi kesejahteraan kepada warga masyarakat yang ada di wilayah Desa Ciela. 

“Adapun sebagai harapan untuk kedepan dengan adanya berbagai pembangunan di segala bidang, Desa Ciela bisa atau dapat mengembalikan kejayaannya dimasa lalu dengan memiliki obyek wisata mata air Situ Cicadas. Untuk mendukung hal itu berarti kami harus menyiapkan SDM yang mumpuni. Sebagai sebuah solusi kami memiliki pendekatan dalam mendidik desa melalui forum warga. Kami coba latih desa dari aspek pembangunan desa termasuk pembangunan yang sudah ada dari anggaran Dana Desa maupun Infrastruktur ( IP  ), ucap Ade pada Media Wawasan. 

Ditambahkan Ade, kami sangat berharap adanya sebuah kesinambungan yang  tentunya semua itu dalam landasan masyarakat yang benar - benar harmonis, humanis dan religi serta memiliki nilai jual dimata warga masyakat maupun dimata umum.

"Sedangkan layanan publik tentang kebutuhan administrasi kependudukan dan surat menyurat yang berbasis online merupakan program Desa Ciela yang saat ini sedang atau selalu di prioritaskan, tandasnya.

#Diky

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas