Breaking

Tuesday, September 27, 2022

Sekdes Sirnagalih Bayongbong Garut: Empat Prioritas Utama Penggunaan Dana Desa Tahap 2


MWawasan, Garut (JAWA BARAT)~ Dengan adanya sebuah kebersamaan dalam keberagaman dan terwujudnya pembangunan di desa Sirnagalih, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Walaupun identitas desa yang sangat jauh dari perkotaan yang terkesan hampir mendekati di lereng Gunung ini tercermin dari adanya jalinan kebersamaan, keberagaman dalam bentuk pembangunan untuk para warganya. Namun dari sebuah perbedaan adanya pendapat itu adalah hal yang sudah biasa dan tidaklah menyurutkan warga Sirnagalih tetap hidup harmonis. Saling menghargai, meningkatkan dan selalu menjalin tali silaturahmi.

Disisi lain, dengan telah dicairkannya bantuan dari pemerintah berupa Dana Desa untuk tahap dua Tahun 2022 ini. Pemerintah Desa ( Pemdes ) Sirnagalih sudah mengalokasikan ada beberapa prioritas pembangunan di wilayahnya. Yaitu, pertama pembangunan Jalan rabat beton, Pemasangan TPT, Hotmix jalan sebagai lanjutan dari Dana Desa Tahap 1 dan Drainase.

Sedangkan pantaun Media Wawasan.com, Disitu nampak adanya Kemegahan kantor desa dan berbagai kemajuan pembangunan dalam insfrasturkturnya, Satu garis lurus dengan jalan utama desa. Kemegahan itu menambah eksotisme pemandangan di desa yang terletak paling ujung dari Kecamatan Bayongbong. 

Dikatakan Sekertaris desa ( Sekdes) Sirnagalih. Asep Triana saat diwawancarai Media Wawasan.com diruang kerjanya, untuk aloksasi Dana Desa ( DD) Tahap dia tahun 2022. Kami akan segera mengalokasikan kepada empat titik pembangunan yang sudah menjadi prioritas utama sesuai dalam pengajuan Musrembangdes.

"Insya Allah dalam waktu dekat kami akan segera membangun berbagai Insfarstruktur, dari mulai pembangunan jalan rabat beton, Hotmix, TPT dan pembangujan Drainase, ujar Asep kepada Media Wawasan.com, Selasa ( 27/9/2022 ).

Kami atas nama Pemerintah desa ( Pemdes ) sangat optimis, karena melihat adanya ke kompakan di masyarakat khusunya di Desa Sirnagalih ini. Begitu juga kondisi sosial masyarakat desa yang berbatasan langsung dengan desa Hegarmanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut tersebut. Hidup harmonis dalam kebersamaan yang sudah mengakar. Sejumlah tempat ibadah sangat begitu megah juga, mungkin hal inilah yang Memperkuat nilai kemajuan yang ada di Desa Sirnagalih.

Menurut Asep, pada bulan Mei 2022 kami sudah melaksanakan perbaikan jalan dengan cara di Hotmix sepanjang 950 meter lebar 3 meter. Selain itu kita juga sudah menunaikan pembagian   Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) Kepada warga sebanyak 180 KPM sebesar Rp, 300’000/ KPM. Kemudian Selian itu kamipun telah memberikan insentif kepada 54 guru ngaji yang besarannya Rp, 200’000/ guru ngaji, dan anggaran dari adanya kegiatan tersebut, itu bersumber dari Dana Desa ( DD ) tahap 1 Tahun anggaran 2022, terangnya. 

"Kami disini semua selalu menjaga ke kompakan, baik dengan BPD, LPM, RT, RT Tokoh keagamaan, Tokoh Masyarakat maupun Tokoh Pemuda di desa Sirnagalih. Mereka saling mendukung juga memiliki sebuah persatuan yang kuat dan kental apapun pekerjaannya itu dilakukan dengan gotong-royong.” ucapya. 

“Meskipun diantara kita berjauhan jarak, tetapi kita juga sering berkumpul bersama. Saat itulah tidak ada yang membahas tentang hal apapun. Namun hal itu hanya sebagai ajang diskusi dan silaturahmi,” kata Asep. 

Kondisi seperti itu lah yang membuat saya kagum. Saya Sekdes Sirnagalih Asep Triana mengucapkan Terima kasih dengan hal tersebut. Meski saya belum begitu lama menjabat sebagai Sekdes baru dan hanya beberapa bulan ini menjad Sekdes, namun dirinya telah merasakan rasa kebersamaan di desa Sirnagalih ini begitu terjalin erat, tuturnya.

Lanjutnya, kami bersama telah memahami perbedaan yang ada. Tetap menjaga kerukunan merupakan prioritas utama di Desa Sirnagalaih. Menjalin persaudaraan dengan saling silaturahmi. Membuat desa yang sebagian besar atau mayoritas petani, pungkas Asep Triana.

#Diky

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas