Breaking

Monday, September 26, 2022

Dinas PUPR Garut Melalui UPT Work Shop, Terjunkan Alat Berat dan Bantu Masyarakat Bersihkan Sisa Banjir Bandang


MWawasan, Garut (JAWA BARAT)~ Pemerintah Kabupaten Garut Diruang lingkup Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang ( PUPR). Kali ini menurunkan dua alat berat untuk mempercepat proses membersihkan material sisa banjir bandang di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa - Barat agar masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

"Seperti halnya dua alat berat sudah diturunkan ke lokasi terdampak banjir," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi di lokasi banjir Pameungpeuk. Senin, (26/9/2022 ).

Ia menuturkan pada hari kedua penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Pameungpeuk masih dilakukan pembersihan lingkungan oleh petugas BPBD dan instansi lain, kemudian sukarelawan, dan masyarakat setempat.

Dua kendaraan alat berat, kata dia, diturunkan untuk membantu memudahkan proses menyingkirkan material yang dibawa banjir ke permukiman warga. 

"Kita sisir dengan alat berat biar percepatan penanganan lebih cepat," ujarnya.

Ia menambahkan selain kendaraan alat berat juga diturunkan mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan lumpur dan endapan sisa banjir bandang di dalam rumah maupun lingkungan rumah penduduk.

"Damkar (mobil pemadam kebakaran) melibatkan dua unit kendaraan untuk membersihkan lumpur dan endapan," terangnya.

Bencana alam banjir dan longsor itu menimpa lima kecamatan yakni Kecamatan Pameungpeuk, kemudian Kecamatan Cisompet, Singajaya, Banjarwangi, dan Cibalong.

BPBD Garut mencatat rumah warga yang terdampak akibat banjir sebanyak 1.644 rumah, kemudian satu rumah rusak akibat tertimbun longsor di Kecamatan Cisompet.

Menurut Satria data itu masih terus dievaluasi karena petugas di lapangan masih melakukan pendataan dan asesmen tingkat kerusakannya.

"Untuk kerusakan sendiri hari ini masih terus dievaluasi oleh teman-teman Disperkim," pungkasnya. 

#Diky

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas