Breaking

Saturday, August 27, 2022

Tingkatkan Kualitas Wartawan Online, Kapolres Pemateri dalam Acara Generasi Anti Hoax di Era Digital


MWawasan, Sarolangun (JAMBI)Belasan wartawan online mengikuti acara Generasi Anti Hoax di Era Digital 2022 dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Ikatan Wartawan Online Kabupaten Sarolangun tahun 2022 yang digelar aula Kampus STAI Darul Ulum Desa Tanjung Kecamatan Batin VIII, Sabtu (27/08/2022)

Kegiatan Diskusi Ilmiah tersebut menghadirkan narasumber yakni Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono. Sik dengan tema “Generasi Anti Hoax di Era Digital” sekaligus Memperingati HUT IWO ke-10 Kabupaten Sarolangun.

Acara Diskusi Ilmiah yang digelar di Kampus STAI Darul Ulum Desa Tanjung ini dibuka secara resmi oleh Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, Sik turut hadir Ketua Iwo Husnil Aqili, Rektor STAI Darul Ulum dr Mawardi, Mpdi. Staf Ahli Bupati bpk H. Ramawi, Camat Batin VIII Ario L Fajri. Sekretaris IWO Profinsi Jambi Erwin Majam, Koinfo Sarolangun M. Fahri, Kasat Reskrim AKP Rendie Renaldy, Sik, Kapolsek Batin VIII AKP Yawan Feriandy, SE, Kasi Humas Iptu Riendradi, Kasikum Ipda Erik, MH

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres mengatakan acara diskusi ilmiah yang digelar IWO Sarolangun diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme jurnalis media online di Kabupaten Sarolangun.

"Pemkab Sarolangun melalui staf ahli Bupati H. Ramawi mengapresiasi program-program Diskusi Ilmiah seperti ini. Harapan kami IWO tetap konsisten untuk meningkatkan kualitas personal jurnalis media online," kata dia.

Sementara itu Ketua IWO Husnil Aqili, Spd mengatakan diskusi ilmiah tahun 2022 ini diikuti oleh anggota dan calon anggota IWO Sarolangun, Ikatan Mahasiswa Mauhamadyah, GP Ansor, Santri Aliyah dan Organisasi Kepemudaan se-Kabupaten Sarolangun.

“Materinya menyampaikan bahwa profesi wartawan di tengah wabah Covid-19 penuh dengan tantangan. Setidaknya, ada empat hal yang menjadi tantangan wartawan. Pertama profesi wartawan termasuk dalam kelompok ODR (Orang Dalam Resiko). Artinya, sebagai praktisi yang mengharuskan turun ke lapangan untuk mendapatkan data yang faktual dan valid, wartawan sangat rentan tertular virus Covid-19. Kedua pemberitaan hoax mengalami peningkatan. Hal ini yang membuat para wartawan harus bekerja ekstra dalam memverifikasi data yang sesungguhnya di lapangan." kata dia.

Diskusi Ilmiah 2022 merupakan gelaran IWO Sarolangun dalam empat tahun terakhir.

Sementara itu, salah seorang peserta diskusi ilmiah IWO Sarolangun 2022, Tiara selaku Wakil Presiden BEM Sarolangun mengatakan diskusi ilmiah yang digelar ini memberikan tambahan ilmu baginya dan sangat bermanfaat.

"Secara pribadi ada teknik dan ilmu baru dalam penulisan di media online agar terhindar dari jeratan UU ITE, Anti Hoax dan Kejurnalistik," kata dia.

#Iksan

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas