Breaking

Friday, February 11, 2022

Rudiana, SE. Melakukan Masa Reses Kedua Ditahun 2022


MWawasan, Cirebon ( JAWA BARAT ) Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggung jawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam  pemerintahan.

Sementara itu, masa reses merupakan kegiatan anggota dewan saat bekerja di luar gedung. Hal ini bertujuan menjumpai konstituen di daerah pemilihan masing-masing. Pelaksanaan tugas reses ini guna menjaring, menampung, serta melaksanakan fungsi pengawasan yang juga dikenal sebagai kunjungan kerja.

Istilah reses di Indonesia lazim dikenal di DPR-RI, sedang bagi DPRD reses mulai diterapkan dan didasarkan pada PP No. 25 Tahun 2004, dalam PP tersebut mencantumkan istilah reses. Meski reses itu masa istirahat, selama masa itu para anggota DPRD tetap melaksanakan tugas tugasnya sebagai wakil rakyat diluar gedung DPRD. Sedangkan didalam PP No. 1 Tahun 2001 tidak ditemukan istilah reses. Istilah reses ini terdapat dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 162 Tahun 2004 dan PP No 25 Tahun 2004.

Dalam rangka Masa reses kedua DPRD Kabupaten Cirebon dari kemarin sampai hari Senen, kebetulan hari kamis ( 10/02/2022 ) saya Rudiana, SE. Selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cirebon,  adakan reses di Blok Penjalinan Desa Jemaras Kidul Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Aspirasi yang sering menjadi usulan masukan dari masyarakat adalah BPJS, KIS tiba gak aktif masalah infrastruktur dan pupuk dengan proses mendapat pupuk sekarang harus ada registrasi tiap tahun yg harus diurus pemilik sawah, jadi umum tiap saya reses kebawah yaitu tema tema itu masukan selalu bergulir, akan menjadi aspirasi masyarakat yang akan saya bahas saat anggaran atau pembahasan dengan Dinas terkait, ungkapnya.

Kalau reses ini adalah hak kewajiban dari seorang anggota DPRD yang karena Meraka dipilih oleh masyarakat didapilnya, Meraka ini mewakili aspirasi masyarakat terkait permasalahan dari bawah, karena setahun ini saya rapat dengan Dinas terkait, yg mungkin laporannya belum sama dengan yg dilapangannya sehingga pada reses ini kita bisa mengetahui tupoksi saya ini sebagai Unsur pengawasan yg tentunya pengen mengetahui yg kita anggarkan dan pengaturan kita berjalan tidak, melihat antusias masyarakat tentunya wakil mereka itu harus turun agar mereka menyampaikan dengan jelas, manakala ada keluhan mau sampaikan ke Desa atau kecamatan hanya yg kenal saja, manakala ada anggota DPRD turun masyarakat bisa usulkan apa yg memberatkan masyarakat atau infrastruktur yang mengganggu aktivitas, karena dengan anggota DPRD Kabupaten Cirebon pasti bisa diusulkan manakala waktu pembahasan anggaran atau yang lainnya, paparnya.

bagaimanapun kita terpilih dipilih oleh masyarakat, tentunya jangan kita pemilu itu saja turun setelah selesai kita lepas karena kita adalah wakil rakyat, wakil penyambung aspirasi mereka, penyambung lidah mereka manakala kita tidak ketemu dengan mereka, masyarakat mau kemana menyampaikan aspirasinya kalo bukan sama kita.

Kita berharap kegiatan ini yg positif, karena bagaimana pun usulan program yang digelontorkan pemerintah larinya untuk kesejahteraan kemakmuran masyarakat, kalo kita tidak tahu kebutuhan masyarakat apa,  kita bikin program apa dong dengan adanya reses ini kita tahu oh masyarakat butuh begini, pupuk langka karena ada apa,  pasti otomatis kebijakan kedepan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun dari pemerintah kabupaten, imbuhnya

"Alhamdulilah dengan adanya reses usulan kami sudah direalisasikan pada tahun 2021, ada salah satunya normalisasi sungai dampyang, saya sangat antusias dengan reses ini, karena masyarakat Jemaras kidul membutuhkan sosok anggota Dewan Rudiana SE, untuk bisa membantu pembangunan yang tidak bisa terkafer oleh Dana Desa", ungkap Kuwu Isgiantoro.

Isgiantoro berharap Dengan adanya kegiatan reses ini mungkin bisa membantu pembangunan Desa kami, mudah mudahan bisa bermanfaat buat masyarakat Jemaras Kidul dan semoga usulan kami bisa direalisasikan pada tahun 2022 ini, pungkasnya.

#Agung

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas