Breaking

Friday, November 20, 2020

Studi Banding ke Dumai, Diskominfo Pariaman: Untuk Mengetahui Penguatan Media Center di Sini


MWawasan,
Dumai (RIAU)~ Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat melakukan studi banding ke Dinas Kominfo Kota Dumai, Senin (11/11/2019).


Kedatangan Diskominfo Pariaman yang dipimpin langsung Kepala Diskominfo Pariaman Hendri disambut langsung kepala Diskominfo Kota Dumai Muhammad Fauzan beserta jajaran dan tim media center Diskominfo Dumai di ruang pertemuan kantor Diskominfo Jalan HR Subrantas Dumai.


"Tujuan kedatangan kami untuk mengetahui penguatan media center di Diskominfo Kota Dumai," kata Kepala Diskominfo Pariaman, Hendri.


Hendri menjelaskan, pihaknya sengaja memilih Diskominfo Dumai sebagai salah satu tujuan studi banding, sebab  PPID Diskominfo Dumai sudah berjalan dengan baik.


"Kami melihat, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dumai sudah berjalan dengan baik. Dimana PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU tentang Keterbukaan Informasi Publik," tambah Hendri. 


Lanjutnya, selain PPID, Command Center Diskominfo Dumai juga sudah berjalan, di Kabupaten Pariaman saat ini tengah menggagas program smart city. Kehadiran Command Center di Diskominfo Dumai tentunya akan menambah pengetahuan dalam menerapkan program smart city.


Dengan kehadiran Command Center, lanjutnya, tentunya akan mempermudah upaya perbaikan pelayan publik kepada warga. Sebab Command Center akan berfungsi mengkontrol data internal. Selain itu, dalam Command Center terdapat banyak aplikasi yang bisa memonitor langsung. Misalnya soal CCTV yang merekam keadaan lalu lintas.


"Baik PPID maupun  Command Center Diskominfo Dumai sudah bagus. Aplikasinya sudah berjalan dengan baik, program ini nantinya akan kami duplikasi untuk diterapkan di Pariaman. Sebelum itu tentunya kami akan membahas kerjasama antara Diskominfo Dumai dengan Diskominfo Pariaman. Hasilnya akan kita tuangkan kedalam MoU untuk menyukseskan program smart city di Pariaman," paparnya. 


Hendri juga mengatakan, selain banyak belajar di Diskominfo Dumai, tujuan studi banding kali ini tentunya untuk menjalin silaturahmi dengan Diskominfo Dumai.


"Selain belajar, kami juga ingin menjalin silaturahmi dengan Diskominfo Dumai. Dan kedatangan kami ke Dumai juga didampingi Sekretaris Diskominfo Pariaman, Kabid Kominfo Pariaman dan jajarannya. Kami juga membawa puluhan wartawan dari berbagai media baik cetak, elektronik, televisi lokal maupun media nasional," terangnya.

Terakhir Hendri mengatakan bahwa, studi banding dikemas melalui kegiatan studi koperatif yang diselenggarakan secara rutin setahun sekali.


Sementara, Kepala Diskominfo Dumai Muhammad Fauzan mengatakan, peran media center Diskominfo Dumai saat ini sebagai corong pemerintah Kota Dumai dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat secara aktual dan akurat.


Informasi yang didapat oleh tim media center dari berbagai sumber dan kegiatan yang diselenggarakan oleh masing-masing OPD di lingkungan Pemko Dumai.


"Informasi yang kami dapat langsung kami sampaikan kepada masyarakat secara aktual dan akurat. Kami juga menjalin kemitraan dengan media di kota Dumai untuk membantu menyebarluaskan informasi," sebut Fauzan. 


Namun, lanjutnya, sebelum disebarkan ke masyarakat, berita itu dikelola di media center Diskominfo Dumai. Dan selanjutnya disampaikan ke masyarakat luas melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter juga media masa.


Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Kepala Diskominfo Pariaman beserta jajarannya ke Diskominfo Kota Dumai.


"Saya menyambut baik kedatangan tim dari Diskominfo Pariaman yang dipimpin langsung kepala Diskominfo Pariaman. Semoga kunjungan kali ini membawa kesan sehingga nanti apa yang didapat dari Diskominfo Kota Dumai bisa diterapkan di Diskominfo Pariaman. Dan di lain waktu kami akan berkunjung ke Diskominfo Pariaman," harap Fauzan.


Dalam pertemuan itu, Muhammad Fauzan dibantu tim media center memaparkan visi misi Diskominfo Kota Dumai dan memaparkan program.

#Muhardi/Infotorial Pemko Dumai

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas