Breaking

Wednesday, June 17, 2020

Mengenal Selawat Dulang Lebih Dekat

Mengenal Selawat Dulang Lebih Dekat
Oleh
Syafrimal Tanjung
(Ketua PPWI Sijunjung)

Selawat dulang merupakan kesenian di Minang kabau, selawat dulang adalah pengajaran kepada anak cucu kemenakan.

Kenapa disebut pembelajaran atau pengajaran kepada anak cucu kemenakan?, Selawat ini merupakan lagu dan di iringi musik mengendang (memukul) dulang dengan jari dan telapak tangan.

Nah, apa perbedaan pengajaran selawat dengan bahasa adat istiadat Minang kabau?

Perbedaannya adalah, kalau adat istiadat itu menggunakan kata pepatah bebicara secara langsung dan sewat dulang menggunakan kata-kata yang di dendangkan.

Lebih uniknya lagi, di samping pembelajaran selawat dulang ini juga mengingatkan kita kepada sejarah, mulai dari sejarah nabi sampai kesejarah orang-orang terdahulunya dan tradisi ini terus berlanjut di daerah Kabupaten Sijunjung.

'Malam ini Selasa (16/6/20) saya menyaksikan langsung acara selawat dulang, yang mana selawat ini telah menjadi tradisi bagi masyarakat di Sijunjung dan acara selawat dulang di laksanakan setiap Minggu nya yaitu setiap Hari Selasa malam".

Dalam acara ini saya menikmati alunan irama yang di iringi dengan alunan musik gendang dulang dan di mainkan jari-jari dan telapak tangan.

Selawat dulang juga mengingatkan kita kepada agama dan menceritakan perjalan hidup yang bisa kita jadikan pembelajaran juga nasihat walaupun secara tidak langsung.

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas