Breaking

Tuesday, April 14, 2020

Terkait Hak Jawab Jamalis yang Dikirimkan Melalui Oknum Wartawan, Ketua Harian Awak Angkat Bicara

MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Aneh memang, Kabid SDA Dinas PUPR Limapuluh Kota, Jamalis, ST mengirimkan hak jawab tertanggal 13 April 2020 ke redaksi Kongkrit.com terkait pemberitaan melalui oknum wartawan. Hal tersebut terlihat dari oknum wartawan yang mengirimkan langsung ke redaksi Kongkrit.com via WhatsApp dan Email. Hal itu dipertanyakan Ketua Harian Aliansi Wartawan Anti Kriminalisasi (AWAK), Ismail Novendra yang juga wartawan utama, ketika Kongkrit.com minta pendapat terkait pemuatan hak jawab dari narasumber.

"Aneh, kok bisa Kabid SDA DPUPR Limapuluh Kota Jamalis mengirimkan hak jawab melalui oknum wartawan, seharusnya dia yang  langsung mengirim ke redaksi media yang bersangkutan," ucapnya.

Ketua Harian AWAK juga meminta kepada oknum wartawan jangan mau dijadikan "kudo palajang bukik" atau diadu domba dalam hal pemberitaaan.

"Oknum wartawan jangan mau dijadikan kudo palajang bukik atau diadu domba dalam hal pemberitaan," ingat Ismail.

Ketua Harian Awak menambahkan, setiap media wajib memuat Hak Jawab narasumber dan itu diatur dalam UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers.

"Setiap media wajib memuat Hak Jawab narasumber apabila narasumber merasa keberatan dengan pemberitaan, tapi tidak harus meminta maaf kepada narasumber, hal itu tidak ada diatur dalam UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers kecuali itu rekomendasi dari Dewan Pers," tegasnya. 

#Tim

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas