Breaking

Wednesday, March 18, 2020

AJO Pasbar Ajak Masyarakat Selektif Menerima Informasi tentang Covid19

MWawasan, Pasbar (SUMBAR)~ Anggota Perkumpulan Jurnalis Online (AJO) Kabupaten Pasaman Barat mengajak masyarakat selektif menerima informasi tentang covid 19 dan tidak mudah terpengaruh informasi hoaks, yang bikin resah masyarakat.

Kegiatan informasi ini berupa membagi selebaran cara mencegah, mengenali covid 19 serta cara mencuci tangan yang baik dan benar itu di lansir dari informasi resmi  Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  Selebaran itu sengaja di bagikan oleh Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online  (AJO)  Pasbar agar masyarakat bisa lebih jeli mengenali dan cara mengantisipasi, serta cara mencuci tangan yang baik dan benar sehingga tidak mudah terpengaruh informasi hoaks tentang covid 19, dari mereka yang tidak bertanggung jawab.  

Dalam kegiatan tersebut langsung turun kelapangan ketua Ajo Pasaman Barat,M.Fadli, Ketua OKK,Dedi, Wakil OKK, Arman, Pembina,Zulkifli, serta seluruh anggota yang tergabung dalam PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasaman Barat.

Kegiatan tersebut dilakukan di beberapa titik seperti di beberapa kantor pemerintah khususnya instansi-instansi pelayanan publik dan lampu merah Pasaman Baru, Bundaran Simpang Empat dan pusat-pusat pelayanan umum lainnya pada hari ini Selasa (17/03/2020). 

Acara membagi-bagikan brosur dan masker ini dilakukan senada dengan yang disampaikan oleh  Dinas Kesehatan ataupun organisasi kesehatan dunia (World Health Organization, WHO) yang antara lain mengeluarkan peringatan edukasi untuk mencegah penularan covid-19 yang dapat dilakukan oleh masing-masing individu, diantaranya adalah Sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau bisa juga menggunakan handrub  berbasis alkohol, Saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan siku tertekuk atau tisu. Setelah itu segera buang tisu dan cuci tangan dan Menjaga jarak dengan siapapun yang menderita demam dan batuk, jika menderita demam, batuk, dan sulit bernapas, dianjurkannya  untuk segera berkonsultasi ke dokter dan ceritakan riwayat kesehatan anda sebelumnya.

Demikian juga bila berpergian keluar atau ketempat umum  seperti pasar (terlebih daerah yang saat ini mengalami kasus coronavirus), hindari kontak langsung dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan.

M Fadli mengatakan, sosialisasi ini berupa edukasi kepada masyarakat untuk selektif dalam menerima informasi tentang pencegahan hoaks Covid 19. Sebab menurutnya Informasi hoaks ini dinilai bisa menganggu ketenangan masyarakat, dan menyesatkan tentang penyebaran berita Covid 19.

M Fadli menambahkan, anggota AJO Pasaman Barat berupaya memberikan pemahaman maupun edukasi kepada masyarakat agar tidak sembarangan percaya informasi tentang covid 19. 
Ditambahkannya bahwa anggota AJO selain melakukan sosialisasi dengan membagikan brosur juga membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan atau diduga sedang kurang sehat.

"Kami sebagai Perkumpulan Jurnalis Online (AJO) Pasaman Barat meminta kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan informasi hoaks tentang covid 19.jika ada yang kurang mengerti silahkan hubungi posko terdekat yang sudah didirikan pemerintah" ujarnya.

#Arman

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas