Breaking

Tuesday, March 14, 2017

13 Maret 2017, Masa Tanggap Darurat Limapuluh Kota Dinyatakan Berakhir

MWawasan.Padang(SUMBAR) ~Setelah dilakukan pertemuan dalam rangka Rapat Evaluasi antara  Wakil Gubernur Nasrul Abit dengan Bupati 50 Kota beserta  BNPB dan FORKOPIMDA serta lembaga terkait lainnya bertempat di ruang POSKO Tanggap Darurat  Kabupaten 50 Kota,  “Masa Tanggap Darurat Bencana Longsor dan Banjir di Kabupaten 50 Kota dinyatakan berakhir”. 

Tanggap Darurat I dimulai pada tanggal 3-9 Maret 2017 dan diperpanjang dengan menetapkan Tanggap Darurat II 9-16 Maret 2017, namun dipercepat sampai 13 Maret. Hal ini dilakukan karena hasil evaluasi memastikan beberapa kondisi sudah mulai pulih kembali seperti, akses ke lokasi dan ke luar lokasi bencana sudah pulih kembali, evakuasi korban sudah selesai, yang sakit sudah ada yang sehat dan beberapa korban yang mengungsi sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Sekalipun masih yang dirawat inap hanya menunggu pemulihan saja, saluran air bersih sudah normal, bantuan sandang pangan juga sudah terdistribusikan.

Masa Tanggap Darurat ini akan diganti dengan istilah masa TRANSISI PEMULIHAN pada masa ini dilakukan rehabilitasi fasilitas umum seperti: pengerasan jalan yang rusak, rehabilitasi gedung sekolah dan kantor Desa yang rusak dan beberapa rumah penduduk yang rusak diterjang banjir juga perlu perbaikannya.

Kapolres 50 Kota sebagai Komandan Pos Tanggap Darurat juga mengekspos laporannya dengan menyampaikan kronologi terjadinya bencana, dampak bencana dan langkah-langkah penanggulangan bencana serta capaian kegiatan, dijelaskan korban jiwa, 8 orang meninggal, dan 3 orang luka berat, korban tertimbun lebih banyak. 

Kerugian diperkirakan Rp. 252.932.507.965 yang terbagi dalam bidang pendidikan, pertanian, pekerjaan umum, perikanan, kesehatan, dan perdagangan. Capaian kegiatan berupa evakuasi korban banjir dan longsor, akses jalan sudah dapat dilewati kembali, terpenuhinya kebutuhan air bersih warga, perbaikan jaring distribusi BBM dan LPG distribusi logistic dan obat-obatan serta fasilitas umum.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan oleh organisasi ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi BKOW Sumbar dengan bantuan berupa beberapa paket yang diperkirakan nilainya  Rp 230.000. dan juga dari HWK dan DPD REI Sumbar. 





#Gan/HumasPemprovSumbar

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas