Breaking

Thursday, June 27, 2024

Pekebun Sawit Kabupaten Pasaman Barat Mengikuti Pelatihan Penguatan Kelembagaan yang Diselenggarakan BPDPKS, Dirjen Perkebunan dan Iskol Agridaya Internasional


MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Dalam rangka mendukung upaya penguatan kualitas Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS), Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI (Ditjen Perkebunan) bekerjasama dengan PT Iskol Agridaya Internasional (ISKOL) melaksanakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan SDMPKS di The Axana Hotel, Kota Padang, selama 10 hari dari tanggal 25 Juni – 4 Juli 2024. Pelatihan diikuti 30 Petani Sawit dari kabupaten Pasaman Barat. Tujuan dilaksanakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan ini untuk memastikan pengembangan kualitas dan produktivitas kelapa sawit Indoensia yang berkelanjutan di perkebunan rakyat. Tema pelatihan dibawakan saat ini khusus untuk memperkuat kompetensi petani dalam hal kelembagaan petani, dimana kelembagaan petani merupakan salah satu faktor penting untuk memastikan terwujudnya perkebunan rakyat berkelanjutan dan mandiri. 

Pembukaan pelatihan dilakukan pada tanggal 25 Juni 2024 dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pasaman Barat, Bapak Afrizal SP, MSi, Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat [diwakili oleh Kepala Bidang Tanaman Perkebunan dan Penyegar, Ibu Vera Yusria, SP, M.Si] yang sekaligus membuka pelatihan, serta Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan, Ir. Hendratmojo Bagus Hudoro, M.Sc yang hadir secara online.
 
Dalam arahannya Hendratmojo Bagus Hudoro menyampaikan pentingnya pelatihan ini bagi keberlanjutan perkebunan kelapa sawit rakyat. “Kelembagaan petani yang kuat bisa menjadi mitra yang sejajar dengan perusahaan. Harapan kita dengan kuatnya kelembagaan petani akan terjadi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani” ujarnya. Beliau juga menghimbau para peserta mengikuti pelatihan dengan baik agar para peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam membangun kelembagaan petani yang kuat. Diharapkan juga agar para peserta pelatihan dapat menerapkan ilmu yang didapatkan kepada kelompok taninya. 

Senada dengan arahan Direktur Perlindungan Perkebunan, Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat juga menegaskan bahwa Pelatihan Penguatan Kelembagaan SDMPKS sangatlah penting bagi perkebunan sawit rakyat berkelanjutan. 

#Ril/Buya 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas