Breaking

Monday, March 11, 2024

Musrenbang Jangan Cuma Menggugurkan Kewajiban Tapi Harus Menghasilkan Perencanaan yang Dapat Menjadi Solusi


MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ Camat Karang Jaya, Hendri Kesuma  FJ, SE.MM menegaskan Musrenbang yang dilaksanakan ini jangan hanya sekedar menggugurkan kewajiban yang dilaksanakan secara seremonial tetapi harus menghasilkan perencanaan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan yang di hadapi dalam kehidupan bermasyarakat di berbagai bidang.

“Saya mengharapkan,bahwa Musrenbang yang dilaksanakan hanya sekedar menggugurkan kewajiban yang dilaksanakan secara seremonial, tetapi harus menghasilkan perencanaan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat di berbagai bidang,”ucap Camat saat membuka Musrenbang tingkat Kecamatan Karang Jaya di gedung pertemuan Kecamatan Karang jaya Kabupaten Muratara, Jum’at  (8/3/2024).

Dijelaskannya kesan bahwa musrenbang hanya sekedar seremonial tercipta karena perencanaan dan penganggaran di masa lalu masih dilakukan secara manual sehingga dapat dimungkinkan terjadinya lobby-lobby.

Kegiatan di luar kesepakatan hasil musrenbang. Dengan demikian  dari jumlah 184 usulan  dari tahun 2023 yang lalu  diusulkan melalui musrenbang tidak dapat terakomodir semua. Sejak berlakunya sistem informasi pembangunan daerah atau disingkat SIPD. Usulan kegiatan harus diinput kedalam aplikasi.

Usulan 184 dari tahun 2023 lalu. Rincinya 74 usulan skala prioritas dengan nilai anggaran Rp. 74 M. Sedangkan kegiatan yang tidak terinput didalam aplikasi tidak dapat didanai dan dilaksanakan. Maka dengan adanya SIPD ini sistem perencanaan menjadi lebih smart yaitu spesifik, terukur, terlaksana, memiliki dasar argumen dan tepat waktu.

Dalam kesempatan itu juga Camat mengusulkan kepada Dinas Perhubungan tentang penerangan lampu jalan dari tugu perbatasan Muratara hingga ke kecamatan Rupit agar di perbaiki sebab dari gerbang masuk  perbatasan Muratara adalah sebagai pintu masuk dari investor luar wilayah kabupaten untuk memasuki kabupaten Muratara.

Dia mengatakan Musrenbang kali ini mengusung tema “terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur dan tata kelola pemerintahan”.

Hadir saat Musrenbang tim Musrenbang Bappeda,Kadis DPMD-P3A,Dinsos, Dispendik,Dinkes,Dispertanikan,Disprindagkop,Inspektorat,Danramil,Kapolsek,KUA,Puskesmas,Pendamping Desa,Para Kepala Desa Se-kecamatan Karang jaya beserta Perangkatnya, tokoh masyarakat,lembaga adat,Ketua BPD beserta anggotanya, serta stakeholder terkait lainnya di wilayah Pemerintah Kecamatan Karang Jaya.
 
#A. Rahman 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas