Breaking

Sunday, February 4, 2024

Pembangunan Gedung Baru RSUD M. Zein Painan Hasil Audit BPKP Kerugian Keuangan Negara RP. 32 Milyar, Siapakah Bertanggungjawab?


MWawasan, Padang (SUMBAR) Pembangunan gedung baru RSUD M. Zein yang berlokasi di Bukit  Taranak  Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan bisa menjadi kebanggan bagi masyarakat Pesisir Selatan. namun sangat disayangkan kebanggaan itu pupus karena sampai tahun 2024 belum bisa digunakan atau difungsikan.

Pembangunan Gedung tersebut dibiayai lewat pinjaman daerah ke pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang dimulai pada tahun 2015 (Perda Nomor 3 tahun 2014 tentang pinjaman pemerintah daerah).

Puluhan Milyar uang negara yang dianggarkan untuk pembangunan RSUD itu seolah- olah tidak memiliki manfaat bagi masyarakat Pesisir Selatan. Siapakah yang bertanggungjawab tehadap persoalan ini, ungkap Ketua Aliansi Media Peduli Sosial (AMPS) Syafrizal kepada media ini, Minggu (4/2/2024) di Padang.

Pada hal persoalan ini sudah pernah dilakukan penyelidikan dan penyidikan oleh Kejaksaan Tinggi Sumbar. Bahkan dalam kasus ini sudah ada hasil audit Badan Pemariksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumbar, ungkap Syafrizal.

Adapun hasil audit BPKB Perwakilan Sumbar Nomor: LAINV-316/PW03/5/2019 tanggal 3 September 2019 diterangkan akibat penyimpangan- penyimpangan  terhadap pembangunan gedung baru RSUD M. Zein telah menimbulkan kerugian keuangan negara sebesar Rp. 32,135 M.

Berdasarkan informasi yang didapat, bahwa Kejaksaan Tinggi telah mengeluarkan SP3 terhadap kasus ini, apakah hal ini benar atau tidak, AMPS akan menganding LSM yang ada di Sumatera Barat untuk menelusuri persoalan ini.

Untuk itu, demi tegaknya hukum yang berkeadilan, AMPS minta dukungan semua pihak agar persoalan ini terungkap kebenarannya. Kapan perlu kita minta KPK turun ke Sumatera Barat  agar mengusut tuntas terhadap indikasi korupsi pembangunan gedung baru  Rumah Sakit  Daerah M. Zein Painan ini, ungkap Syafrizal mengakiri.

#TIM
    
    
 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas