Breaking

Monday, November 13, 2023

Sumarak Literasi Dharmasraya 2023 Sukses


MWawasan, Dharmasraya (SUMBAR)~ Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, bekerja sama dengan Nyalanesia sukses menyelenggarakan Sumarak Literasi Dharmasraya 2023. Program ini telah berhasil memfasilitasi lebih dari 10.000 siswa dan guru dari 197 sekolah, mulai jenjang SD/sederajat dan SMP/sederajat di Kabupaten Dharmasraya.

Selain penulisan karya dan penerbitan buku antologi sekolah, program ini juga memfasilitasi para peserta dengan pelatihan di awal program. Hingga akhirnya, lebih dari 10.000 karya siswa dan guru telah berhasil tercipta melalui program ini.

Program Sumarak Literasi Dharmasraya ini sukses memecahkan Rekor MURI dalam Kategori “Pelatihan Menulis Karya Puisi dan Cerpen Kepada Siswa Terbanyak.”

Sutan Riska Tuanku Kerajaan, selaku Bupati Dharmasraya, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat atas suksesnya pelaksanaan program dan capaian Rekor MURI ini.

“Acara ini benar-benar luar biasa dengan pencapaian membanggakan. Pemecahan rekor MURI dengan Pelatihan Menulis Karya Puisi dan Cerpen Kepada Siswa Terbanyak adalah suatu prestasi yang luar biasa dan menggambarkan semangat literasi yang tumbuh untuk belajar di kalangan siswa-siswi di Dharmasraya,” ujarnya.

Sebagai apresiasi bagi seluruh pihak yang terlibat dan ikut menyukseskan program ini, maka diselenggarakan Puncak Acara Sumarak Literasi Dharmasraya dengan tema “Kabupaten Dharmasraya: Rancak Literasinyo, Santiang Generasi Mudonyo!” di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya.

Puncak acara ini menjadi spesial, karena diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 10 dan 13 November 2023. Puncak acara dimulai pada tanggal 10 November 2023 dengan sesi pelatihan NyalaTalks bagi ratusan kepala sekolah dan guru yang dibawakan oleh Ivan Lanin, selaku Pendiri 

Dalam sesi ini, Ivan Lanin membawakan topik “Memulai dan Merawat Budaya Literasi di Sekolah.” Ivan Lanin di antaranya menyampaikan tentang perubahan keterampilan literasi dan berbahasa, hingga langkah menghadapi perubahan dari sekolah.

#Sosri/Egit 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas