Breaking

Friday, November 17, 2023

MAN 1 Kota Dumai Laksanakan P5P2RA Bagi Kelas 10

MWawasan, Dumai (RIAU)~ Kepala  MAN 1 Kota Dumai  Januarizal, S. Ag. M. Pd. I kepada wartawan pada 16/11/2023 mengatakan pada tahun pelajaran 2023/2024 MAN 1 Kota Dumai menggunakan 2 kurikulum yaitu Kurikulum 2013 untuk kelas XI dan XII. Sedangkan kelas X menggunakan kurikulum merdeka, terangnya. 

Pada kurikulum merdeka siswa tidak hanya belajar materi pelajaran tapi juga dibekali dengan kegiatan kokurikuler yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian karakter peserta didik yang mandiri, jujur, kolaboratif, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab. Proyek ini dikenal dengan P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Profil Pelajar Rahmatan Iil’alamin). 

Selanjutnya, pada tahun pelajaran 2023/2024 MAN 1Kota Dumai memilih 3 tema P5P2RA. Dua tema dilaksanakan pada semester 1 dan satu tema pada semester 2. Tema yang dipilih pada semester 1 yaitu kearifan lokal dan kewirausahaan.

Pada tema kearifan lokal sub tema yang diangkat adalah budaya adat perkawinan melayu.

Dasar pengambilan sub tema tersebut adalah minimnya pengetahuan siswa tentang budaya adat perkawinan melayu, hal ini karena masyarakat melayu sudah jarang melaksanaka adat perkawinan melayu secara lengkap.

Untuk menambah wawasan siswa, pada pelaksanaan P5 P2RA MAN 1 Kota Dumai mengundang nara sumber dari Lembaga Adat melayu (LAM). Sehingga siswa dapat mengetahui secara lengkap tatacara perkawinan adat melayu yang sebenarnya, dan juga siswa dapat mempraktekkan prosesi perkawinan adat melayu mulai dari merisik, meminang, hantaran, berinai, berandam, akat nikah, tepung tawar, khatam Qur’an, berarak, bersanding, makan beradat, mandi taman, dan bertandang. Pada pelaksanaan P5P2RA dibimbing oleh 1 orang koordinator, 7 orang fasilitator, dan 18 orang guru pendamping.

Untuk tema kedua sub tema yang dipilih adalah pemanfaatan limbah pelastik kemasan, yang akan dijadikan eco brick (kursi dari botol bekas). Tujuannya untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan madrasah dan eco brick yang dihasilkan memiliki nilai jual.

Kepala Madrasah yang didampingi oleh wakil kurikulum Agus Mujahidin, S. Ag sebagai Koordinator P5P2RA dan Masnelly Warni, M. SC sebagai Fasilitator menyampaikan Setelah pelaksanaan dua tema ini kami berencana akan melaksanakan panen raya, yaitu menampilkan hasil P5P2RA yang sudah dipelajari siswa. Dan  kami juga akan mengadakan bazar sebagai bentuk publikasi dari program unggulan yang ada di MAN 1 Kota Dumai. 

Adapun program unggulan MAN 1 Dumai untuk Kelas X antara lain, kelas tahfidz, kelas desain grafis, kelas tata busana, dan kelas tata boga.

#Muhardi.f 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas