Breaking

Thursday, November 30, 2023

Bupati Hamsuardi Resmikan Pemekaran Wilayah Kejorongan Sejumlah Nagari di Kecamatan Kinali


MWawasan, Pasbar (SUMBAR)~ Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi didampingi stakeholder terkait, meresmikan Pemekaran Wilayah Kejorongan sejumlah Nagari di Kecamatan  Kinali, diantaranya Nagari Bunuik.Nagari  Anam Koto Selatan.dan di Nagari Langgam Saiyo, Rabu/29/11/2023).

Pemekaran wilayah administratif tingkat  kejorongan di Nagari Bunuik sah menjadi 3 wilayah kejorongan diantaranya Jorong 1 Bunuik. Jorong 2  Bunuik Raya. jorong 3 Padang Jiraik.

Pemekaran wilayah kejorongan di Nagari Anam Koto Selatan  menjadi 3 kejorongan jorong VI koto Selatan dan diantaranya Jorong Limpato dan Jorong Kembar Sari.

Sementara Pemekaran wilayah kejorongan di Nagari Langgam Saiyo yang pertama 1 jorong langgam Saiyo dan diantaranya 2 Jorong  Balero langgam.3 Jorong  Panco Saiyo.

Bupati Hamsuardi dalam sambutannya menyebutkan, tujuan dilakukannya pemekaran nagari di Pasbar diantaranya adalah membangun Pasbar dan mewujudkan impian masyarakat. Ia juga meminta Wali Nagari, Jorong, Bamus dan semua pihak terlibat berperan untuk. melibatkan dan para generasi muda untuk ambil andil berperan dalam membangun di nagari nya  masing- masing kususnya di Pasbar. 

"Apa yang menjadi keluhan masyarakat selama ini hendaknya kita jawab dengan pemekaran ini. Misalnya persoalan data PKH di Nagari yang ada Se-kecamatan Kinali  juga persoalan banjir yang kita jawab dengan pembuatan untuk antisipasi  Namanya membangun tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, dulunya nagari kita di kecamatan Kinali ini Anya dua nagari dan sekarang berjumlah 17 nagari dengan  nagari. Katiagan sekarang untuk nagari Kinali. Alhamdulillah sudah menjadi 16 nagari. saat ini Berkat kerjasama semua pihak, nagari kita ini sudah dapat dimekarkan," ucapnya. 

Saat memberi sambutan di Nagari Langgam Saiyo Bupati Hamsuardi juga memaparkan program unggulan Pemda Pasbar diantaranya para bagi  anak-anak kita ditetapkan Magrib mengaji baca Qur'an dan target Pemda Pasbar bahwa 20 hingga 30 tahun ke depan, masyarakat Pasbar harus menjadi penghafal Qur'an, terangnya.

"Pemekaran jorong ini pada dasarnya kebutuhan bersama antara masyarakat dan pemerintah, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebelumnya, satu jorong mengurus banyak KK, saat ini hanya boleh 250 KK.agar tidak susah satu kepala jorong untuk melayani masyarakat di wilayah kejorongan nya masing-masing supaya  peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, ulasnya.

Tokoh Masyarakat Nagari  langgam Saiyo Bila Tempur sangat mengucapkan selamat datang kepada Bupati Hamsuardi beserta rombongan. Ia menyebutkan,dengan  masyarakat nagari langgam Saiyo 
antusias menyambut peresmian pemekaran kejorongan di Nagari langgam Saiyo yang telah lama dinantikan itu. Lebih lanjut ia memohon perhatian Pemda Pasbar di bidang pembagunan dan perkebunan sebagai ladang kehidupan oleh masyarakat kami, ujarnya.

Selain itu, Ketua Bamus nagari Langgam Saiyo Zainal Rahab menyebutkan pemekaran wilayah kejorongan di Nagari Langgam Saiyo  dari 1 jorong menjadi 3 kejorongan. Ia juga berharap Pemda Pasbar dapat membangun pisik seperti Imbrastruk tur seperti jalan dan lainnya, ulasnya.

acara dihadiri dari Forkopica kecamatan Kinali.Pj wali nagari langgam Saiyo Kian. dan juga tampak hadir dari tokoh masyarakat Syafrial S.Pd dan dari hunsur Ninik Mamak juga Bundo Kanduang alim ulama Cadiak pandai dan juga dari  pemuda.serta ibuk PKK nagari dan kepala  jorong Serta Anggota Bamus nagari dan jajarannya perangkat nagari juga para undangan lainnya.

#By Roni 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas