Breaking

Tuesday, November 14, 2023

APP Sinarmas Bekerja Sama dengan BRIN Taja Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu

 

MWawasan, Kampar (RIAU)~ Asia Pulp and Paper ( APP) Sinarmas Forestry Regional Riau melalui Unit Usahanya PT. Arara Abadi dan PT. Perawang Sukses Perkasa Industri ( PSPI  ) mengadakan Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu khususnya pembudidayaan Ikan Baung ( Mystus nemurus) . 

Pelatihan ini merupakan wujud dari penandatanganan Nota Kesepahaman ( MOU) antara Badan Riset Inovasi Nasional ( BRIN) dengan PT. Arara Abadi beberapa waktu lalu. Selain BRIN Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu juga melibatkan Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Desa Makmur Peduli Api ( DMPA), Akademisi Universitas Islam Riau ( UIR) DR. Ir. Rosyadi M. Si

Pelatihan ini dilaksanakan dari Tanggal 14 s/d 16 November 2023 di Desa Sungai Paku Kacamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Propinsi Riau.

Pelatihan Perikanan Darat lokal Terpadu diikuti oleh masyarakat Desa Makmur Peduli Api yang tersebar di sekitar konsesi perusahaan antara lain Desa Kesumbo Ampai Duri, Desa Pinang Sebatang Barat, Desa Pinang Sebatang Timur, Desa Melibur, Desa Bukit kapur, Desa Sungai Paku, masing masing Desa mengutus 4 orang peserta pelatihan.

BRIN yang membidangi Pusat Riset Zoologi Terapan Bapak Sutikno mengatakan Pelatihan ini  diberikan kepada peserta yaitu bagaimana cara membudidayakan  perikanan darat lokal, diharapkan setelah pelatihan nanti perserta bisa dan mampu melakukan pembudidayaan di tempat masing masing. 

Pelatihan Perikanan Darat Terpadu dibuka oleh Direktur PT. Arara Abadi Bapak Ir. H. Edie Haris MZ yang didampingi oleh Direktur PSPI Bapak Makmur Hasibuan. 

Dalam amanatnya Bapak Edie Haris menyampaikan kembali bahwa Pelatihan ini merupakan wujud dari penandatanganan Nota Kesepahaman ( MOU) antara Badan Riset Inovasi Nasional ( BRIN) dengan PT. Arara Abadi beberapa waktu yang lalu di Jakarta. 

Diharapkan kepada peserta agar pelatihan ini dapat dijadikan ilmu dan keterampilan khususnya Budidaya Ikan Baung yang sekarang  susah untuk didapatkan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi  dan dapat di terapkan di desa masing masing sehingga dapat menghasilkan nilai tambah terhadap perekonomian masyarakat desa sekitar Hutan, syukur syukur bisa menciptakan lapangan kerja baru kata Bapak Edie Haris. 

Pembukaan Pelatihan Perikanan Darat Lokal Terpadu juga dihadiri oleh Camat Kampar Kiri Bapak H. Marjanis.SE, KAPOLSEK  Lipat Kain, DANRAMIL Lipat Kain , Universitas Islam Riau Bapak DR. Ir. Rosyadi M. Si, Kepala Desa Sungai Paku Bapak Rocky. 

Dalam sambutannya Kepala Desa Sungai Paku Bapak Rocky sangat berterima kasih kepada PT. PSPI dan PT. Arara Abadi atas dedikasi perusahaan selama ini terhadap masyarakat Sungai Paku, Pak Kades berharap kedepan kerja sama yang baik selama ini bisa di jaga dan dapat ditingkatkan lagi sambi tersenyum sumringah.

#Yogi Pernana

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas