Breaking

Saturday, July 22, 2023

MAN 1 Dumai Melaksanakan Sholat Jum'at Perdana di Sekolah


MWawasan, Dumai (RIAU)~ Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1(MAN) Dumai Januarizal, M,Pd,i kepada wawasan.com pada Jumat 21/07/2023 menjelaskan, mulai hari Jumat ini tanggal 21 Juli 2023 siswa mulai sholat Jum'at di sekolah yang selaku pelaksananya adalah guru guru MAN dan tidak menutup kemungkinan dari luar, sedangkan khatib pada sholat Jumat ini adalah bapak Subhan,  S.  Ud. dan imamnya adalah bapak Jufridin,  S. Ag."lanjut Januarizal lagi.

Mulai semester ini MAN 1 Kota Dumai memberlakukan sistem 5 Hari belajar di sekolah yaitu  (Senin  s/d Jum'at),siswa MAN 1 Kota Dumai hadir masuk belajar ke sekolah di mulai jam 07.00 wib s/d 16.45,tentunya siswa/wi tetap melaksanakan sholat Zuhur dan Asar di sekolah, setelah sholat Asar siswa masih ada kegiatan tambahan di sekolah yakni Literasi, Tahsin Qur'an,  Pramuka, Mentoring Keagamaan, yang mana kegiatan tersebut sudah ditentukan jadwal perkelasnya.

Setiap hari Jum'at siswa tetap melaksanakan sholat jum'at bersama di sekolah,  jadi siswa tidak  pulang ke rumah lagi,karena hari jumat siswa masih ada jam pelajaran masuk kelas lagi yakni usai sholat jum'at pada jam 13.30, jika siswa pulang tentunya akan terlambat datang ke sekolah.

Sedangkan untuk siswi putri ketika siswa laki laki melaksanakan sholat jumat akan mengikuti kegiatan keputrian memberikan pemahaman dan materi keagamaan. setelah itu baru siswi melaksanakan sholat Zuhur.berhubung Jam pelajaran tambahan masih berlanjut di sekolah Bagi orang tua murid dihimbau agar mengantarkan makan siang untuk anak anak  ke sekolah, bukan hanya hari jumat saja tapi hari hari lainnya juga rutin di antar makan siang anak anak,"terang Januarizal lagi.

Ada beberapa program kegiatan di MAN 1 Dumai yang di laksanakan sebagai berikut:
1.Program tahsin adalah kegiatan perbaikan membaca Alqur'an karena masih banyak diantara siswa kita yg belum lancar membaca qur'an dengan baik,"jelas Januarizal lagi.
2.program literasi adalah membiasakan siswa gemar dan rajin membaca, bertujuan supaya anak anak kita rajin membaca,  apa saja bisa dibaca,  karena membaca adalah pintu ilmu pengetahuan,dengan banyak membaca pasti pintar (red).
3.Program mentoring adalah program pembinaan keagamaan khusus kelas 12, yakni kegiatan pendalaman materi keagamaan, diantaranya ibadah sholat,  cara penyelenggaraan jenazah,  wiridan setelah sholat dan lain lain sebagainya," jelas Januarizal lagi.

Dalam hal ini kita berharap dengan berbagai program yg kita buat siswa siswi MAN 1 Dumai benar benar memiliki kompetensi yg baik dan memadai,  khususnya utk diri sendiri dan dapat dikembangkan untuk orang lain dan bisa di terapkan di tengah tengah masyarakat nantinya,"ujar Januarizal kepada media ini.

#Muhardi.f 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas