Breaking

Friday, June 16, 2023

Pawai Obor Ajarkan Nilai- Nilai Perjuangan Perang Kamang


MWawasan, Agam ( Sumbar) ~ Pawai obor salah satu agenda acara memeriahkan peringatan Perang Kamang ke-115, Nagari Kamang Tangah Anam Suku Kabupaten Agam, yang berlangsung jumat malam (16/6/2023). 

Untuk kegiatan pawai obor ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai unsur, masyarakat,pelajar dan para tokoh masyarakat. Keunikan dari kegiatan ini adalah bahwa seluruh peserta membawa obor yang menyala. 


Kegiatan diawali dengan pelepasan para peserta pawai yang dipimpin oleh  salah satu tokoh masyarakat kamang Tangah, Datuk Maka. Sebelum berangkat tokoh masyarakat memberi api menggunakan obor kepada perwakilan salah satu grup peserta yang disambung secara estafet kepada peserta berikutnya,yang dilanjutkan dengan menyalakan obor secara berurutan.


Memaknai hal tersebut, Datuak Maka perwakilan dari tokoh masyarakat, menilai kegiatan bawa obor sambil berjalan memiliki makna yang sangat penting untuk generasi penerus bangsa indonesia. "Jadi kegiatan ini, kita ingin sekaligus mengajak generasi penerus tongkat estafet perjuangan bangsa itu tidak cuma diam ditempat tetapi melakukan suatu kegiatan yang sifatnya bersama sama membangun dan memotivasi diri mereka untuk maju ke depan mengisi perjuangan bangsa ini, sehingga wujud tema kita tentang kerja kita prestasi bangsa itu betul betul dapat diwujudkan dalam satu kenyataan ," tuturnya.


Adapun Jumlah peserta ratusan , dimana satu group diikuti kurang lebih 30 orang.adapun rute yang harus ditempuh sekitar 5 Kilometer ,dan  start awal dimulai di simpang pakan sinayan menuju arah jalan tapi terus ke kayu ampek,bansa mengelilingi nagari kamang tangah dan langsung balik arah menuju jalan start awal semula. # fjr

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas