Breaking

Tuesday, May 2, 2023

Wabup Sabar AS Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan PLTMH di MATUSE

MWawasan, Pasaman (SUMBAR)~ Kegiatan rutinitas penyelenggaraan Tugas Pemerintahan dilingkungan Pemkab Pasaman kembali  dilaksanakan seperti biasa, setelah usai  laksanakan libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 H serta Perayaan Hari Buruh,sebut Wabup Sabar AS saat dihubungi awak Media melalui pesan Whatsaapp, Selasa (2/5/2023).

Lebih lanjut disampaikan Sabar AS bahwa Hari ini Saya hadiri Rapat terkait dukungan percepatan proses rencana pembangunan PLTMH Jorong Pertemuan Nagari Muaro Seilolo kec Mapattungul Selatan Kabupaten Pasaman dengan total Anggaran Rp 13,4M, ujarnya.

Kemudian dijelaskan  Sabar AS bahwa Pemkab Pasaman sangat mengapresiasi usulan PLTMH di jorong Patamuan di kec Mapattunggul selatan karna lokasi yang akan diterangi oleh PLTMH adalah lokasi termarjinal / pinggiran dan tentu dengan adanya PLTMH maka semua aspek akan berkembang lebih baik mulai dari aspek pendidikan dan Kesehatan maupun UMKM di Kecamatan Mapattunggul selatan khususnya Nagari Muaro sungai lolo terdiri dari 6 jorong yaitu Muaro, Sungai Lolo, Pangian, Rotan Getah,  Pertemuan, Sopan, tuturnya.

Jorong Pertemuan; jumlah kepala keluarga sebanyak 168 dengan jumlah penduduk lebih kurang 700 jiwa. Jumlah fasilitas pendidikan: 1 Sekolah dasar dan 1 PAUD. Jorong Patamuan memiliki potensi besar dalam produksi pertanian diantaranya gambir, minyak sereh wangi/ minyak atsiri, karet dan lain- lain.

Penerangan dan kelistrikan  merupakan prasarana yang dibutuhkan oleh penduduk untuk dapat melakukan  Aktifitas kehidupan termasuk mendukung dari aspek ekonomi, Jorong ini merupakan daerah yang jauh dari pusat perkotaan kab Pasaman," ucapnya.

Kemudian Hal penting lainnya adalah bahwa Jorong  Patamuan areal daratan merupakan daerah chatment area/ tangkapan air yang selalu dijaga untuk debit dan kualitas air lebih baik karna anak sungai yang berada di jorong Patamuan yang mengalir terus ke Kab limapuluh kota dan provinsi Riau. Adapun PLN koto panjang memanfaatkan air sungai ini untuk  pembangkit tenaga listrik dan alhamdulilah jorong  Patamuan mendapat CSR dari PLN  koto panjang dalam pengamanan tangkapan air. 

Maka Pemda Kab Pasaman sangat mengharapkan terlaksana kegiatan PLTMH di tahun ini sesuai jadwal. Tentu ini membutuhkan dukungan kerjasama dan kolaborasi semua pihak dalam memenuhi persyaratan sehingga kegiatan berjalan sesuai dengan ketentuan baik dari propinsi maupun dari kementrian ESDM dan Kementerian lingkungan hidup kehutanan RI dan juga masyarakat setempat.

Harapan Wabup Sabar AS kedepan Semoga proses rencana pembangunan PLTMH  ini berjalan lancar  dimudahkan oleh Allah Swt serta Mohon  dukungan  OPD / masyarakat  sehingga terwujudnya masyarakat pasaman yang lebih baik dan bermartabat, terkhusus pembangunan program Pasaman Terakses dan Pasaman majukan ekonomi kerakyatan, tutupnya.

#Tim/Abdi

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas