Breaking

Wednesday, March 15, 2023

Mantan Sekda Papua Dance Yulian Flassy akan Maju Jadi Calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024- 2029



MWawasan, Sorong ( PAPUA BARAT)~ Dance Yulian Flassy, SE., M.SI., dilahirkan pada tanggal 12 Juli 1963 di Sorong Provinsi Papua Barat Daya. Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Sekda Kab Sorong Selatan Papua Barat dan Sekda Kab Tolikara Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy pernah menjabat sebagai Penghubung Kerjasama Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) dengan Badan Diklat Provinsi Irian Jaya (sekarang Papua dan Papua Barat) dan Penghubung Kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya di Wamena dengan LAN RI.

Dance Yulian Flassy juga menjabat sebagai Asisten Program Kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jerman dan dapat SK dari Kepala LAN RI Jakarta sebagai Sekretaris Chrass Programmes (Program Percepatan Peningkatan SDM Aparatur) Irian Jaya Papua dan Papua Barat. Berikut juga di bidang Aspek Desentralisasi dan Berbagai Pendidikan dan Pelatihan Bidang SDM Aparatur Negara seperti Diklat Spamen LAN RI Angkatan I di Jayapura (semasa itu Irian Jaya Papua masih kabupaten).

Dan telah pula menyelenggarakan Diklat Teknik seperti Diklat Perencanaan Pembangunan Daerah dan Nasional, diantaranya Planning Of Regional Development Programme Prop dan Methods and Tehnique Project Planning (MTPP).

Dance Yulian Flassy, SE.,M.SI., pernah juga menjabat Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Papua Barat.
Dan pernah pula menjabat sebagai Kepala Sekretariat Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (UP4B).

Karya-karya Dance Yulian Flassy, SE., M.SI

Selama menjabat sebagai birokrat, Flassy terus memperjuangkan peningkatan dan kemajuan SDM Aparatur Negara di Irian Jaya (sekarang Papua dan Papua Barat).

Sebagai langkah percepatan penyiapan SDM Aparatur Negara, Flassy membangun sekolah kedinasan, yakni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara di Wamena yang bekerjasama dengan Pemkab Jayawijaya, Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dan STIA LAN Jakarta untuk Program Sarjana (S1) Ilmu Administrasi Negara pada masa Gubernur Jacobus Perviddya Solossa dan Bupati Wenas.

Kemudian bersama Bupati David Hubi dan Rektor Uncen Ir. Wospakrik memfasilitasi studi banding aspek desentralisasi bagi aparatur pemerintahan pusat dan daerah khususnya Irian Jaya Papua ke Berlin Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya termasuk Australia dan New Zealand.

Dance Yulian Flassy, SE., M.SI., telah pula berhasil membuat Pemerintahan Papua Barat dapat mengelola dana otonominya sendiri pada tahun 2009 saat menjabat Sekretaris Bappeda Provinsi Papua Barat di masa Gubernur Abraham O. Atururi.

Flassy yang lulusan S2 Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik (MPKP) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini, selama bekerja di LAN RI Jakarta juga ditunjuk oleh Gubernur JP Solossa sebagai penghubung dan koordinator sekaligus juga pelaku sejarah dalam memperjuangkan dana Otonomi Khusus Infrastruktur bersama anggota DPRD Provinsi Papua dan Dinas PU Provinsi Papua (yang dikoordinir oleh Ir. Maikel Kambuaya) bersama Kementerian Keuangan RI tahun 2006.

Sehingga untuk pertama kalinya Dana Otsus dikelola oleh Provinsi Papua melalui APBN-P Tahun 2006 dan Tahun 2007 sebesar Rp. 1,3 T (saat Gubernur Papua JP. Solossa, Gubernur Papua Barat Abraham O. Atururi serta Menteri Keuangan Prof. Sri Mulyani dan Sekjen Kemenkeu Prof. JO. Kristiadi).

Jadi Dance Yulian Flassy adalah salah seorang pelaku sejarah dalam memperjuangkan Dana Otsus yang hingga sekarang ini masih berjalan dan dikelola Provinsi Papua dan Papua Barat.

Perlu juga diketahui, sebelum jadi PNS tahun 1996, Flassy tahun 1989 pernah bekerja dan membantu program kerjasama bidang SDM Aparatur Negara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Federasi Jerman secara khusus dengan beberapa NGO Jerman seperti DSE Jerman, CIM Jerman, DAAD Jerman, GTZ Jerman, FNS Jerman dan KAAS Jerman serta beberapa NGO Jerman secara khusus dan Eropa pada umumnya, ditambah Australia dan New Zealand untuk pembangunan SDM Aparatur Negara Irian Jaya atau yang sekarang dikenal dengan Papua dan Papua Barat.
Berikut rangkuman riwayat pekerjaan Dance Yulian Flassy:

1. 17 Tahun sebagai PNS/ ASN Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) Jakarta Pusat.
2. Pernah Menjabat Sebagai Sekretaris Bappeda Provinsi Papua Barat
3. Pernah Menjabat Sebagai Kepala Sekretariat Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (UP4B) Kantor Wakil Presiden RI.
4. Pernah Menjabat Sebagai Sekda Kabupaten Tolikara Provinsi Papua Pegunungan
5. Pernah Menjabat Sebagai Sekda Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat Daya
6. Penah Menjabat Sebagai Ketua Forum Sekda Seluruh Indonesia Komisariat Wilayah Provinsi Papua Barat (FORSESDASI).
7. Pernah Menjabat Sekda Provinsi Papua
8. Pernah Menjabat Sebagai Plh. Gubernur Provinsi Papua Juni-Juli 2021
9. Akhir Masa Jabatan Sekda Provinsi Papua Oktober 2021

Dan beberapa jabatan strategis lainnya yang masih belum tercantumkan dalam kesempatan kali ini.

Adapun perbaikan dan penambahan akan dilakukan termasuk beberapa Buku dan Makalah yang ditulis.

Namun intinya, Dance Yulian Flassy selama bekerja di LAN RI Jakarta telah sangat banyak memberikan andil dan berkontribusi besar untuk kemajuan pembangunan SDM Aparatur Negara Indonesia khususnya Irian Jaya yang sekarang menjadi Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya.

#rel/Buya

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas