Breaking

Tuesday, February 21, 2023

SMAN Surulangun Peringati Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah


MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ SMAN Surulangun Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara(Muratara) Provinsi Sumatera Selatan Peringati Peristiwa Penting Yaitu Peristiwa Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Isra' dan Mi'raj dihadiri Kepsek SMAN Surulangun M. Ali Gunanwan, Kepsek SMKN Rawas Ulu Edy Sutikno, Bhabinsa, Ustad M. Haitami  dari kota  Lubuk Linggau,beliau Menetap di pondok Pesantren Mas Roila,hadir juga Pemerintah Kelurahan,Komite Sekolah,Para Dewan Guru,Dan Para Siswa/Siswi yang Sempat Hadir

Isra'Mi'raj di laksanakan di Ruangan Gedung Sekolah SMAN Surulangun Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara(Muratara) pada Selasa(21/2)2023) Pkl:10.00.Wib.

Ustad Muhammad Haitami Menjelaskan Ke pada  Siswa SMAN Surulangun yang hadir  saat isra'Mi'raj, bahwasyanya  kisah yang sebenarnya Isra Miraj yang diperingati setiap 27 Rajab merupakan salah satu peristiwa penting dalam perjalanan keislaman Nabi Muhammad SAW. Perjalanan ini menjadi peristiwa penting bagi Nabi Muhammad karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk menjalankan shalat lima waktu dari Allah SWT.

Peristiwa Isra Miraj adalah merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW yaitu dilakukannya perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem hingga naik ke langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha. Peristiwa Isra Miraj terjadi setelah meninggalnya paman Nabi Muhammad, Abi Thalib dan Istrinya, Siti Khadijah.

Lanjut, dalam bahasa arab, Isra berarti perjalanan di malam hari, sedangkan Miraj artinya kenaikan. Dalam perjalanannya, Nabi Muhammad mengendarai kendaraan superkilat hewan Buraq yang digambarkan sebagai kuda putih dengan sayap dan ekor seperti burung merak. Jarak Mekkah dan Yerussalem pada saat itu umumnya ditempuh menggunakan kuda atau unta selama satu bulan, namun Nabi Muhammad SAW melakukannya dalam semalam. Di Masjid Al Aqsa diceritakan, Nabi Muhammad memimpin shalat nabi – nabi terdahulu shalat dua rakaat.

Peristiwa Miraj Peristiwa Miraj dilaksanakan Nabi Muhammad dari Masjid Al Aqsa naik ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Dalam perjalannnya, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan nabi – nabi terdahulu pada setiap tingkatan yakni : Nabi Adam di langit pertama, Nabi Isa dan Yahya di langit kedua, Nabi Yusuf di langit ketiga Nabi Idris di langit keempat, Nabi Harun di langit kelima, Nabi Musa di langit keenam, Nabi Ibrahim di langit ketujuh. Diriwayatkan pada awalnya, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk shalat 50 waktu dalam sehari. Nabi Muhammad pernah diingatkan Nabi Musa bahwa jumlah tersebut terlalu besar sehingga disarankan untuk meminta keringanan. Sesampainya di Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah shalat lima waktu. Peristiwa Isra Miraj menjadi penting dalam perjalanan kesilaman. Sejak peristiwa Isra Miraj ini, umat islam diwajibkan shalat lima waktu dalam sehari semalam.

Kepala Sekola Menengah Atas Negeri Muhammad Ali Gunanwan menjelaskan saat di wawancarai awak Media di Ruang kerjanya,ia menguraikan tentang Peringatan Isra'Mi'raj ini sudah lazim dan Pada umumnya di wajibkan kita peringati satu kali setahun yang jatuhnya tepat pada bulan rajab," katanya.

Gunanya,agar di jaman sekarang sangatla penting karena di area moderent anak-anak muda sekarang banyak terpengaruh lingkungan dan juga enggan memahami kisah-kisah para nabi kita, dan kita  wajib peringati jangan sampai siswa kita yang lagi menjalani masa pendidikannya  ia lupa kisah-kisa dan perjalanan nabi kita Muhammad Saw yang telah Memperjuangkan Isra'Mi'raj dan juga sholat lima waktu sehari semalam," tutupnya Ali Gunanwan 


#A.Rahman

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas