Breaking

Friday, February 17, 2023

Penilaian Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar 2023 Digelar


MWawasan, Dharmasraya (SUMBAR)~ Plh. Bupati Dharmasraya, Adlisman menghadiri acara penilaian lomba kelompok dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023. Acara ini dilaksanakan di Nagari Padukuan Padang Tengah 2.

Acara ini dilaksanakan pada hari Jum'at, (17/02/23). Dihadiri oleh Kepala OPD se-Kabupaten Dharmasraya, Ketua DWP Kabupaten Dharmasraya, Syafni, Camat, Wali Nagari, dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Adlisman mengucapkan selamat datang kepada Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat beserta tim penilai lomba kelompok Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Dharmasraya. Tepatnya di Nagari Padukuan   Kecamatan Koto Salak. 

"Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak. Khususnya kepada keluarga besar TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Wali Nagari Padukuan dan Ketua TP PKK Nagari Padukuan beserta jajarannya. Karena terlaksananya penilaian dan acara ini merupakan hasil kerjasama dan koordinasi serta komunikasi yang baik dan seluruh unsur TP PKK Kabupaten, kecamatan maupun Nagari. Untuk itu teruslah jalin hal-hal baik yang telah berjalan. Sehingga TP PKK Kabupaten Dharmasraya dapat terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Dharmasraya," Ungkap Plh. Bupati. 

Tim Penggerak PKK merupakan mitra kerja dari pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan memberdayakan masyarakat. PKK sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga memiliki andil yang sangat besar, dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga. 

Karena keluarga merupakan pondasi awal dan modal dasar pembangunan. Keluarga juga sebagai lingkungan sosial pertama dalam kehidupan manusia. Dari keluargalah diharapkan dapat lahir generasi penerus bangsa yang dapat menerima dan meneruskan tongkat estafet pembangunan khususnya di Kabupaten Dharmasraya. 

Katanya lagi, pembangunan di Kabupaten Dharmasraya melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan. Salah satunya dilaksanakan melalui gerakan kelompok Dasawisma, PKK dengan 10 program pokoknya. Dapat berbuat lebih dengan menghadirkan kegiatan kegiatan yang produktif dan inovatif, dalam membantu pemerintah secara berjenjang mulai dari Nagari, kabupaten dan tingkat yang lebih atas. 

"Keberadaan kelompok dasawisma sangatlah strategis dalam upaya memberdayakan masyarakat menuju keluarga yang sejahtera. Dimulai dari pemberdayaan diri sendiri, memberdayakan keluarga, memberdayakan masyarakat yang pada akhirnya akan menciptakan kontribusi. Baik langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan," terangnya lagi. 

Adlisman juga berharap, jadikan penilaian ini sebagai momen untuk silaturahmi sekaligus mengevaluasi pelaksanaan program program dasawisma selama ini. Tidak hanya berfokus kepada predikat juara, hasil yang diharapkan adalah realisasi dari program kerja dasawisma dan inovasi inovasi-inovasi dalam perwujudan 10 program PKK. Dalam menjadikan keluarga keluarga sejahtera sebagai unit terkecil dari masyarakat, tempat dimulainya revolusi mental serta wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter. 

"Dan semangat yang sama hendaknya kita kembali membudayakan gotong royong di tengah-tengah masyarakat. Sehingga masyarakat dan pemerintah dapat bersama-sama saling bahu membahu, dalam menghadapi kondisi negara saat ini. Demi mewujudkan Kabupaten Dharmasraya,  maju, yang mandiri dan berbudaya," Pungkasnya.

#Sosri/Egit

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas