Breaking

Saturday, February 25, 2023

Antisipasi Longsor, Babinsa dan Warga Rencanakan Pasang Bronjong


MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Babinsa Kelurahan Pengambiran Koramil 04/LL Kodim 0312/Padang Serda Firman bersama masyarakat memasang pondasi dan bronjong di pinggir Sungai sepanjang 30 meter di kelurahan Pengambiran Rt 05 Rw 01 Kecamatan Lubuk Begalung. 

Setelah pemasangan pondasi akan dipasang kawat bronjong dibuat agar mencegah erosi, abrasi, dan longsor, terutama untuk bangunan yang dekat dengan sungai, pantai, dan tebing yang rawan longsor. Pemasangan kawat bronjong sangat dianjurkan untuk mencegah longsor.

Setelah kawat bronjong selesai dianyam, batu–batunya mulai dimasukan satu persatu. Penyusunan batu juga harus rapi, jangan sampai ada celah tersisa, sehingga akan menimbulkan kelonggaran dan membuat kawat bronjong tidak kuat dan kokoh.

Di tempat terpisah, Danramil 04/LL Mayor Inf Tarmizi  mengatakan bahwa pemasangan pondasi dan bronjong ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Babinsa dalam memberikan rasa aman, apabila musim hujan kepada warga dari ancaman pergeseran tanah yang mengakibatkan terjadinya longsor.

Edi ( 48) warga kelurahan Pengambiran menyampaikan terima kasih kepada bapak Babinsa yang telah ikut membantu masyarakat memasang bronjong.

”Kegiatan pemasangan bronjong  ini setidaknya telah meringankan beban masyarakat sekitar sungai, pondasi dan bronjong yang dipasang akan bisa menahan tanah longsor, sehingga daya tahan akan kuat apabila terjadi banjir,” pungkas Edi.

#rel/Am

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas