Breaking

IKLAN BAWASLU



Thursday, January 26, 2023

Peringati Hari Gizi Nasional Ke-63, Wali Kota Dumai Komit Turunkan Kasus Stunting


MWawasan, Dumai (RIAU)~ Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan Kota Dumai bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Dumai menggelar Acara Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) Tingkat Provinsi Riau ke-63.

Acara yang berlangsung meriah itu, dihadiri langsung oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS, Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini, SKM, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Yaneliza, SKM, M.Kes.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Dumai, H. Paisal, mengajak masyarakat memaknai peringatan HGN ke-63 Tahun 2023 sebagai momentum untuk meningkatkan upaya penurunan angka stunting di Kota Dumai.

"Upaya tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan konsumsi protein hewani terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan balita," ucapnya saat memberikan sambutan di Ballroom Grand Zuri Hotel, Rabu (25/1/2023).

Hal tersebut selaras dengan tema HGN ke-63 yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, yakni "Protein Hewani Cegah Stunting".

Atas nama Pemerintah Kota Dumai, orang nomor satu Dumai menyatakan komit dalam upaya pencegahan stunting di Kota Dumai.

"Sunting erat kaitannya dengan peningkatan kualitas SDM. Maka dari itu, dalam upaya penanggulangan stunting dibutuhkan kepedulian dan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama-sama melakukan perbaikan gizi masyarakat terutama ibu hamil, ibu menyusui dan balita," tuturnya.

Dirinya meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk dapat meningkatkan sosialisasi dan edukasi program "Isi Piringku" di setiap posyandu khususnya di kelurahan lokasi khusus stunting, dengan cara memperkenalkan kembali Isi Piringku sesuai kelompok umur sebagai solusi pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga.

“Melalui edukasi ini kami harapkan masyarakat lebih paham terkait pentingnya porsi gizi seimbang bagi ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan balita terutama pentingnya protein hewani. Tolong tim dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas se-Kota Dumai, untuk dapat mendampingi Kader Posyandu dalam pemberian edukasi,” pungkas H. Paisal.

Selain membuka acara secara resmi, Wali Kota Dumai turut menyerahkan secara simbolis Paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) - Pemulihan berupa Biskuit dan Susu Formula kepada Ibu Hamil (Bumil) dan Balita Stunting.

Kemudian, pemberian Tablet Zat Besi (Fe) Tambah Darah kepada 11 remaja putri asal SMP Negeri 2 Dumai, serta penyerahan Antropometri KIT secara simbolis kepada 10 Kepala Sekolah TK/PAUD. 

Sempena Peringatan HGN ke-63, juga dilaksanakan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Dumai Periode 2021-2026.

Tak hanya itu, HGN Tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan di Kota Dumai ini, diperkuat dengan pemaparan materi dari Ketua DPD Persagi Provinsi Riau dengan tema "Peran Persagi Dalam Upaya Penurunan Stunting", penguatan Makanan Pendamping ASI bagi Kader Posyandu, dan Launching PMT Lokal Dapur Bergizi Peduli Kita Berantas Stunting (PELITA BERANTING).

Turut hadir, Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr. Syaiful, MKM, Ketua DPD Persagi Provinsi Riau dan rombongan, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Dumai, Camat dan Lurah, Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, Organisasi Profesi Kesehatan se-Kota Dumai, Kepala Puskesmas se-Kota Dumai, Kepala SMPN 2 Dumai, Kader Posyandu Balita, serta hadirin tamu undangan lainnya.


Pewarta : Muhardi.f 

No comments:

Post a Comment

"Prakiraan Cuaca Jumat 27 Januari 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas