Breaking

Thursday, January 26, 2023

Lantik 28 Kades Terpilih, Ini Harapan Bupati Suardi Saleh untuk Mereka Baru Dilantik


MWawasan, Barru (SULSEL)~ Sebanyak 28 calon kepala desa (kades) terpilih melalui pemilihan langsung pemungutan suara serentak 19 Desember 2022 dijadwalkan dilantik Bupati Suardi Saleh.

Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Barru telah dilaksanakan dengan sukses, ada 28 Desa dan 95 calon kepala desa di 7 Kecamatan di Kabupaten Barru yang melakukan pemilihan.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua PKK, Wakil Bupati Barru, Ketua DPRD Barru, Bupati Barru, Dandim 1405/Pare-pare, Kapolres Barru, Sekda Barru, Ketua PA Barru, pihak Kejaksaan Barru, pihak mewakili PN, para tamu undangan sekitar 100 orang lebih.

Sambutan Bupati Suardi Saleh, saya sampaikan terimakasih kepada kepala Desa yang purna bakti, yang telah hadir.

Bupati Suardi Saleh, ucapkan selamat kepada Kepala Desa Terpilih, kemudian para petahana terpilih, perlu kembali melakukan evaluasi terhadap pembangunan. Dengan harapan semoga pelantikan ini hari menjadi sebuah awal pengabdian diri bangsa dan masyarakat, khususnya masayarakat.

"Saya meminta kepada istri atau suami kepala desa untuk memberikan dukungan dan ikut berperan aktif dalam membantu kelancaran tugas-tugas kepala Desa." harap Suardi Saleh.

Para kepala Desa yang dilantik hari ini saudara telah resmi menjadi bagian dari aparat penyelenggara pemerintah di Kabupaten Barru dan bersama pemerintah kecamatan.

Sesuai dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa makan pemerintah desa sebagai unsur terdepan yang harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif dan efisian dan tentunya mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting.

"Bupati Suardi Saleh berharap kepada Kepala Desa untuk lebih aspiratif kreatif, inovatif  dan cepat tanggal terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat, Kepala Desa salah satu pilar kokohnya penyelenggara pemerintah daerah." harap Bupati Suardi Saleh, saat memberikan sambutan.

Keberhasilan pemyelenggaran pemerintah di daerah sangat ditentukan pula oleh keberhasilan kepemimpinan kepaal desa dalam penyelenggaran pemerintah Desa.

Kepala Desa dituntut untuk mampu memeberdayakan sumber daya yang ada itu mampu memanfaatkan mengeksplorasi dan mengelola potensi sumber daya manusia yang dimiliki sekaligus kreatif serta inovatif mengembangkan potensi kearifan lokal menjadi sumber ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.

Desa memiliki kewenangan masing-masing dalam mengatur pemerintahanya, akan tetapi tetap harus di sinergikan dengan program pemerintah yang diterima oleh desa hal ini tentunya untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan di tingkat desa.

Olehhya itu kami mengharapkan agar para kepala desa yang hari ini dilantik agar supaya mempelajari  semua regulasi terutama terkait dengan regulasi tentang desa.

Sehingga kebijakan yang akan dilaksanakan tidak bertentang dengan aturan yang telah berlaku, olehnya itu berkaitwn dengan penyelengara pemeritah desa, ada beberapa hal yang ingin saya tekanan kepada pada Kepala Desa.

Bekerjasama lah dengan Pak Camat atau apara Camat dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas.

Harapan masyarakar deaa untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan sejak hari ini hingga 6 tahun kedepan tergantung pada kinerja kepala Desa.

Sebagai sosok pelayanan masyarakat yang dicinta, saya meminta agar para kepala desa bekerjasama dengan perangkat desa atau BPD, berkeja tulus dan ikhlas serta potensi yang ada dengan mengedepankan kearifan lokal.

"Jadikan masyarakat kita berpikir maju, tapi tetap bersiap dan berbudaya mengikuti ajaran-ajaran yang mulai, bangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh stakeholder dan jadilah bagian dari upaya mewujudkan visi Kabupaten Barru." ucap Bupati Suardi Saleh.

#Anis


No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas