Breaking

Thursday, November 24, 2022

"Pesan Prodi PAI kepada Wisudawan Angkatan ke 88 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol"

"Pesan Prodi PAI kepada Wisudawan Angkatan ke 88 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol"

Oleh
DR. Misra, S.Pd.I, M.Si
(Ketua prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN IB Padang)


Hai para wisudawan/i...
Kehidupan pasca kampus membutuhkan kesiapan mental seperti mental baja. Setidaknya untuk menata hidup baru di luar kampus, harus memiliki tiga pilihan yakni: kerja jika peluang terbuka, studi lanjut jika biaya tersedia atau berwirausaha dengan modal orang tua.

Karena itu merupakan pilihan, ketiga pilihan tersebut tidak ada yang aneh, tinggal bagaimana wisudawan menjalankan pilihan itu dengan baik dan menyiapkan mental mulai dari sekarang. Sebagai alumni Tarbiyah kita punya dua pilihan, yaitu growth mindset dan fixed mindset.

Jika anda selalu berpikiran negatif akan sulit untuk berkembang apalagi maju, ini menunjukkan anda memiliki fixed mindset. Padahal mental yang perlu disiapkan pasca wisuda adalah growth mindset yaitu selalu berpikir positif dan berusaha dengan optimal pantang menyerah (usaha yang disertai doa, tentunya). Selain mempersiapkan mental baja, Calon Wisudawan butuh tiga kompetensi inti untuk menjelajahi kehidupan yang lebih matang lagi di luar kampus yakni: Knowledge, Skill dan Attitude.

Knowledge, pemahaman terhadap ilmu yang sudah dipelajari secara konsep teoritis di kampus dan bagaimana menerapkan nya di kehidupan nyata secara praktis.

Kemudian, skill yang terdiri dari, keahlian dasar seperti literasi membaca, menulis dan berhitung, keahlian secara teknis seperti mengoperasikan teknologi, keahlian berkomunikasi dengan orang lain dan kepiawaian  dalam memecahkan masalah.

Lalu yang terpenting, adalah kompetensi ketiga berupa attitude. Karena perilaku akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas wisudawan nantinya di dunia kerja.

Nah, jika ketiga hal ini sudah dimatangkan sedemikian rupa, maka jangan lupakan satu hal lagi, yaitu menjaga networking atau silaturahmi dengan siapa saja. Karna anda tidak pernah tahu akan menjadi apa dan siapa sosok yang  anda temui nanti. Bisa jadi, mereka adalah orang-orang yang paling anda butuhkan nanti.

Ingatlah...
Perjalanan anda besok adalah jalan menatap masa depan, untuk membahagiakan orang- orang tercinta dan tersayang dari anggota keluarga anda. Maka hadirkan jualah restu orang tua mu dalam menentukan takdir masa depanmu, InsyaaAllah sampai tujuan. 

Pencapaian tujuan tidaklah selurus bak jalan tol. Lika liku hidup sudah biasa, terpenting anda harus memastikan apa yang kan dituju. Kumpulkan sebanyak mungkin pengalaman dan kolaborasi agar lebih siap berkompetisi dalam mencapai asamu nanti. Berjuang lah sekuat tenaga, karena rintangan sudah tentu pasti ada. 

#Kaprodi PAI 221122

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas