Breaking

Friday, November 11, 2022

Dinas DPPKB Muratara Bentuk Bembekalan Bagi Kelompok Lansia Tangguh dan Mandiri


MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ Sebagai bentuk pembekalan bagi kader, dalam mempersiapkan kelompok lansia tangguh, aktif, dan mandiri.

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muratara Provinsi Sumatera Selatan, menggelar sosialisasi tujuh dimensi lanjut usia (lansia) tangguh, Kamis, (10/11/2022) di ruang pertemuan BKD.

Usai mengikuti sosialisasi ini, para kader nantinya diharapkan dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan disampaikan kepada masyarakat.

Plt. Kepala DPPKB Mugono menyebut, sosialisasi diselenggarakan selama dua hari, Kamis – Jumat, 10  hingga 11 November 2022.

Sosialisasi tujuh dimensi lansia tangguh ini, diikuti para kader dari tujuh kecamatan di dalam wilayah Kabupaten Muratara.

Peserta sosialisasi foto bersama usai kegiatan sosialisasi Tujuh Dimensi Lansia yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muratara 

“Pembangunan keluarga, menjadi target utama pelaksanaan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana)” ujarnya.

Salah satunya, sambung Mugono, dengan program Bina Ketahanan Keluarga Lansia. Dimana lansia sendiri, sambung Mugono, merupakan seseorang yang berusia diatas 60 tahun.  

Keberadaan lansia ditengah keluarga, diharapkan senantiasa produktif dan mandiri. Untuk menjadikan para lansia ini produktif serta memiliki kemandirian, kader lansia memiliki peran penting.

“Oleh karena itu, perlu meningkatkan pengetahuan bagi para kader, melalui sosialisasi tujuh dimensi lansia tangguh, terampil, produktif dan mandiri” jelasnya.

Dia menjabarkan, tujuh dimensi tersebut adalah spiritual, sosial, emosional, fisik, intelektual, vokasional dan lingkungan.

Tujuh dimensi itu adalah spiritual, sosial, emosional, fisik, intelektual, profesional vokasional, dan lingkungan.

"Tujuh dimensi tersebut juga menjadi indikator lansia yang sehat secara fisik, sosial, mental, mandiri, aktif, dan produktif," kata Mugono.

Dia mengharapkan, dengan diselenggarakannya sosialisasi tujuh dimensi lansia tangguh ini, para kader yang mengikuti sosialisasi mendapatkann pengetahuan dan pemahaman penjabaran tujuh dimensi lansia tangguh.

“Para kader ini lah nanti yang meneruskan materi sosialisasi sekaligus menerapkan pada saat pembinaan di lapangan” kata Mugono.

#A.Rahman

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas