Breaking

Saturday, November 5, 2022

Belasan Bantuan APBD Provinsi Sumbar dan APBD Kota Sawahlunto untuk Dukung Produktifitas Pertanian


MWawasan, Sawahlunto (SUMBAR)~ Belasan bantuan pertanian, peternakan dan perikanan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat dan APBD Kota Sawahlunto diserahkan kepada kelompok tani dan masyarakat, dalam rangkaian Hari Pangan Sedunia (HPS) di Sawahlunto.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto Henni Purwaningsih, di Sawahlunto, Jum'at 04 November 2022  menyampaikan untuk bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumbar yaitu sebanyak sembilan buah bantuan.

"Dari Dinas Pangan Sumbar itu memberikan sertifikat mutu prima tiga untuk buah Manggis kepada Desa Kubang Tangah, setelah itu bantuan bibit buah alpukat dan manggis untuk Desa Mandiri Pangan (Desa Kolok Nan Tuo, Desa Kubang Tangah dan Desa Muaro Kalaban). Kemudian Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar itu memberikan bantuan bibit ikan garing, nilam dan baung untuk Pokmawas Bersama Desa Talawi Hilie dan Pokmawas Sibaku Desa Rantih, masing-masing sebanyak 41 ribu bibit ikan," ujar Henni merinci.

Kemudian dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, memberikan bantuan sarana dan prasarana pengolahan dendeng asap senilai Rp74 juta kepada KWT Saiyo Sajalan Desa Silungkang Duo. 

"Setelah itu bantuan bibit ayam untuk enam kelompok tani dengan rincian setiap kelompok itu menerima seribu ekor ayam, 1.324 Kg pakan ditambah vitamin dan obat-obatan," ujar Henni merinci.

Setelah itu dari Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar memberikan bantuan benih padi inbrida seluas 315 Ha kepada Kelompok Hamparan Saiyo Desa Kolok Mudiak, kemudian bantuan benih jagung hibrida seluas 140 Ha kepada Kelompok Jaya Desa Santur.

"Kemudian dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar, memberikan bantuan stup lebah madu galo-galo (kelulut) senilai Rp20 juta kepada masyarakat penyandang disabilitas di Sawahlunto," kata Henni.

Sementara, dari APBD Kota Sawahlunto bantuan yang diserahkan yakni bibit tanaman dan sayuran untuk rumah tangga rentan pangan untuk Desa Lumindai, kemudian bantuan bibit itik kepada sepuluh KK dengan rincian masing-masing menerima seratus ekor itik dan seratus kilogram pakan. 

"Setelah itu bantuan bibit ayam kepada sembilan KK dengan rincian masing-masing menerimanya% seratus ekor ayam dan seratus kilogram pakan," ujar Henni merinci.

Kemudian bantuan benih ikan sebanyak 87 ribu ekor untuk kolam masyarakat. 

"Setelah itu bantuan bibit calon pohon induk durian sebanyak delapan puluh batang yang diberikan kepada Desa Pasar Kubang," kata Henni.

Kemudian ada bantuan pembangunan embung Garingging Desa Kolok Nan Tuo.

"Dari PT. Bukit Asam melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (PTJSL) turut memberikan bantuan yakni senilai Rp145 juta untuk ternak kambing, bahan kandang dan bak penampung. Bantuan itu diserahkan kepada mitra binaan PTBA di Sawahlunto yaitu Kelompok Mutiara Desa Santur," ujar Henni merinci.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan bantuan-bantuan itu menjadi bukti keberpihakan dan dukungan Pemko Sawahlunto pada sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

"Alhamdulillah, dengan sinergi bersama Pemprov Sumbar dan PTBA, bantuan yang kita berikan kepada petani dapat bertambah. Tentu harapan kita ini membuat pertanian di Sawahlunto dapat lebih baik dan lebih produktif," kata Wali Kota Deri.

Untuk memastikan bantuan itu benar-benar dapat bermanfaat bagi penerima, Wali Kota Deri mengarahkan OPD terkait untuk mendampingi dan melakukan monitoring evaluasi (monev) terhadap pada penerima bantuan itu. 

#YANTO

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas