Breaking

Monday, October 10, 2022

Atas Izin Kapolda Jabar, Jajaran Polres Garut Membangun Sebanyak 5 Polsubsektor

MWawasan, Garut ( JAWA- BARAT)~ Kepolisian Resor Garut akan menambah kesatuan baru dalam bentuk Polsubsektor dijajarannya untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.


Jumlah keberadaan Polsek di jajaran Polres Garut sampai saat ini belum sebanding dengan jumlah kecamatan yang ada di kabupaten Garut, dengan jumlah sebanyak 42 kecamatan, sementara polsek baru mencapai 33, sehingga ada beberapa Polsek yang satu Polsek bertugas mengelola keamanan 2 sampai 3 kecamatan, hal itu berakibat pada kurang maksimalnya pelayanan kepada masyarakat.


Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si melalui Kabagren Kompol Asep Dedi Sudrajat, S.H., M.A.P. menyampaikan ucapan syukur Alhamdulilah berdasarkan usulan melalui surat Kapolres Garut tertanggal 09 Maret 2022 tentang usulan pembentukan Polsubsektor Polsek jajaran Polres Garut tahun anggaran 2021.


Kapolda Jabar telah mengabulkan usulan Polres Garut tersebut melalui surat keputusan Kapolda Jabar tertanggal 11 Juli 2022 tentang pembentukan 13 Polsubsektor di jajaran Polda Jabar.


Dari 13 pembentukan Polsubsektor baru dijajaran Polda Jabar untuk Polres Garut terdapat lima Polsubsektor yang akan dibentuk, dengan daftar sebagai berikut :


pertama Polsubsektor Selaawi Polsek Limbangan, kedua Polsubsektor Sukaresmi Polsek Cisurupan., ketiga Polsubsektor Peundeuy Polsek Singajaya, keempat Polsubsektor Mekarmukti Polsek Bungbulang., Kelima Polsubsektor Cigedug Polsek Bayongbong.


Keberadaan lima Polsubsektor dijajaran Polres Garut diupayakan tahun ini sudah mulai dirintis dan direncanakan mulai efektif tahun anggaran 2023. Karena sampai saat ini ada beberapa Polsubsektor yang belum memiliki Gedung kantor.


Apa itu Polsubsektor ? Kabagren Polres Garut menyampaikan berdasarkan peraturan Kapolri no 02 tahun 2022 yang dimaksud Polsubsektor adalah unsur pelaksana tugas pokok fungsi kepolisian di wilayah tertentu yang berada di bawah Kapolsek. Yang bertugas menyelenggarakan tugas pokok Polri dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, dan pemberian perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta tugas-tugas Polri lain dalam daerah hukumnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


Kabagren Polres Garut melalui Kasihumas menyampaikan “ kita berharap keberadaan Polsubsektor ini dapat lebih memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat sekitarnya serta dapat meningkatkan pelayanan Polri untuk menciptakan keamanan dan ketertiban. Pungkas Ipda Cahya.


Kegiatan anggota Polsek ini adalah bentuk nyata pelaksanaan dari program “KASEP”, selama kepemimpinan Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, SIK, M.Si


KASEP

Kepanjangan dari Kolaboratif, Adaptif, Solutif, Edukatif dan Presisi, adalah program prioritas Kepolisian Resor Garut, selama kepemimpinan AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si.


Pertama : Kolaboratif ini adalah, mengedepankan sinergitas dan kerjasama, yang baik dengan unsur Forkopimda dan pemangku kepentingan (stakeholder)


Dalam mengatasi permasalahan sosial dan kamtibmas diwilayah Kabupaten Garut, serta meningkatkan soliditas di internal Polres Garut dalam setiap pelaksanaan tugas.


Kedua : Adaptif. Ini adalah bagaimana kemampuan berfikir dan bertindak responsive, cepat, tepat dan terukur.


Dalam menghadapi dinamika, tantangan tugas dan perkembangan masyarakat diera digital, menerapkan pemolisian serta adaptasi kehidupan baru ditengah pandemi Covid-19.


Ketiga : Solutif, ini dalam hal mengedepankan mutu kualitas pelayanan sebagai upaya membangun simpati dan empati masyarakat, berfikir dan bertindak.


Mencari solusi serta mengedepankan solusi konstruktif dalam pemecahan masalah, baik dengan unsur eksternal maupun internal polres.


Keempat : Edukatif, adalah bagaimana menampilkan sosok polisi yang jadi panutan, mampu membangun interaksi yang harmonis dan efektif dengan masyarakat berinovasi.


Sehingga ini menjadi nilai tambah dan kemanfaatan yang baik untuk masyarakat luas maupun internal polres.


Kelima : Presisi atau menjjadi anggota Polri yang Presisi adalah mempedomani arak bijak dan program prioritas bapak Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo.


Dalam mewujudkan POLRI yang Prediktif,Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan pada setiap pelaksanaan tugas Polres Garut.


#Diky

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas