Breaking

Sunday, October 23, 2022

RW 07 Jolok Desa Giriawas Garut Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Tema: "Aplikasi Akhlak Rasul di Jaman Digitalisasi"


MWawasan, Garut (JAWA BARAT)~ Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam beberapa waktu setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Peringatan tersebut bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagamaan. 

Di Kp Jolok Desa Giriawas  tepatnya di masjid Jami Assuro Rw 07 telah melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2022, Acara diawali pembukaan dengan membacakan ayat suci Al-Qur'an dilanjutkan dengan melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW. Kemudian sambutan Ketua Panitia dan sambutan Kepala Desa Giriawas.  Selanjutnya acara inti yaitu ceramah islam yang diisi oleh Ustadz Mumpuni  Budiman Abdul Patah dari Ranca pandan Cikajang. 

Kepala Desa Giriawas Dindin Maoludin  Dalam sambutannya menyampaikan, dengan di peringati nya maulid Nabi harus mengaplikasikan Akhlak Rosul Di kehidupan sehari-hari karena jaman sudah tidak bersahabat dengan metode digitalisasi, bahkan sangat rentan ketika re-generasi tidak di dasari ilmu Agama yang mumpuni.

"Berharap kita semua bisa mengaplikasikan Akhlak Rosul di kehidupan sehari-hari, termasuk re-generasi kita harus benar benar di Didik ilmu Agama yang mumpuni karena jaman sudah jaman digital," ungkapnya.

Di tempat terpisah Dayat Hidayat selaku ketua RW 07 Jolok, mengungkapkan rasa syukur dengan di peringati nya maulid Nabi karena peringatan tersebut tidak bisa lepas dari ritual keagamaan khusus nya Umat Muslim. 

"Terima kasih banyak kepada semua yang sudah ikut berjibaku demi terlaksananya kegiatan peringatan maulid Nabi tersebut, semoga menjadi Amal baik di hadapan tuhan yang maha esa," ucap Dayat

Ia menambahkan, ketika melihat situasi dan kondisi Jawa barat saat ini jelas sedang kritis baik dari wabah Covid-19 termasuk aspek modernisasi , pasalnya: penyebaran media sosial yang paling rentan jadi konsumsi anak anak re-generasi, sedangkan filosofi Agama itu sendiri adalah (Aturan Garapan Manusia) 

"Artian kita selaku manusia harus menggarap Filsafat religius yaitu, ilmu pengetahuan agama sesuai perjanjian para leluhur,"  kata Dayat saat dimintai tanggapan oleh media ini.

Sementara, acara diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh ketua DKM mesjid jami Assuro  Acara berlangsung dengan khidmat dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.  

#Andi A Aziz

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas