Breaking

Wednesday, September 28, 2022

Tujuh Orang Tersangka Pembongkar Rumah Warga Garut Minta untuk Tidak Ditahan


MWawasan, Garut ( JAWA BARAT)~ Sebanyak 7 orang tersangka kasus pembongkaran rumah warga Banyuresmi mengajukan penangguhan penahanan. Mereka mengklaim tidak tahu menahu atas kasus itu, dan hanya diperintah oleh tersangka atau dalang utama.

Keinginan untuk tidak ditahan dari 7 orang tersangka tersebut diungkap oleh kuasa hukum mereka Soni Sonjaya. Soni mengaku sudah melayangkan surat penangguhan penahanan kepada penyidik.

"Sudah kamu sampaikan ke Polres Garut. Surat penangguhan penahanannya sudah," kata Soni kepada Media Wawasan.com Rabu, (28/9/2022).

Dikatakan Soni, ketujuh kliennya ditetapkan tersangka dalam kasus perobohan rumah warga Banyuresmi bernama Undang, oleh rentenir gara-gara utang Rp 1,3 juta tersebut. Mereka diketahui membantu AM, rentenir yang jadi tersangka utama dalam kasus tersebut, meruntuhkan rumah milik Undang.

"Klien kami hanya disuruh saja oleh AM untuk membongkar rumah," ucapnya.

Soni menjelaskan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kuasa hukum korban terkait permohonan penangguhan penahanan tersebut. Dia berharap agar penangguhan penahanan itu dikabulkan.

"Korban sudah mengizinkan melalui kuasa hukumnya untuk dilakukan penangguhan penahanan," tandas Soni.

Sedangkan diketahui, kasus pembongkaran rumah milik Undang oleh AM itu terjadi pada Sabtu (10/9) lalu.Rumah Undang yang berada di Kampung Haur Seah, Banyuresmi dibongkar oleh sejumlah pekerja bangunan suruhan seorang rentenir berinisial AM.

Pembongkaran rumah milik Undang sendiri dilatarbelakangi pinjaman uang istri Undang, Sutinah kepada AM pada tahun 2020 yang tak mampu dilunasi hingga saat ini.

Saat itu, istri Undang meminjam uang Rp 1,3 juta kepada AM dengan bunga Rp 350 ribu per bulan. Utang tersebut membengkak jadi Rp 15 juta lantaran Sutinah tak mampu melunasi hingga bulan September 2022 ini.

Setelah Undang melapor dan polisi melakukan penyelidikan, penyidik kemudian menetapkan 9 orang menjadi tersangka dalam kasus tersebut. Yakni AM sang rentenir, E kakak dari Undang, serta 7 orang tukang bangunan yang melakukan pembongkaran rumah.

#Diky 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas