Breaking

Thursday, August 4, 2022

Dinkes Kota Dumai dan Tim Penggerak PKK Gelar Senam Bersama dan Vaksinasi Lansia


MWawasan, Dumai (RIAU)~ Dalam rangka percepatan vaksinasi lansia di Kota Dumai, Dinas Kesehatan Kota Dumai bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Dumai menggelar Senam Bersama dan Vaksinasi Lansia di depan Kantor Dekranasda Kota Dumai, Jalan Sudirman, Kamis (4/8/2022).

Acara yang dihadiri lebih dari 200 orang lansia ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Breakthrough For Covid-19 dari Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID).

Kegiatan diawali dengan senam lansia sehat. Selain senam bersama, juga dilaksanakan  pemeriksaan penyakit tidak menular, permainan edukatif serta pelaksanaan vaksinansi.

Dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr. Syaiful, MKM, 

"mengungkapkan bahwa acara ini merupakan lanjutan dari beberapa tahap dalam pembentukan fasilitator dan pembentukan Agent of Change masyarakat di 10 wilayah Puskesmas yang ada di Kota Dumai.

Kegiatan lanjutan ini kami kemas dengan senam lansia sehat dan vaksinasi lansia.

"Selain untuk kebugaran, kegiatan ini sebagai media kampanye bahwa bagaimana pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi lansia perlu ditingkatkan, yang berefek kepada meningkatnya cakupan Vaksinasi Covid-19 pada sasaran lansia di Kota Dumai," terang dr. Syaiful,kepada media.

Dr Syaiful berharap semua yang hadir bisa berpartisipasi menyebarkan informasi tentang pentingnya vaksin sehingga keraguan masyarakat tentang vaksin yang disebabkan hoax dapat hilang.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Dumai Hj. Leni Ramaini mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Dumai, para Polwan Polres Dumai, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, Dinas Sosial, Lurah Bintan, Kalbe Nutritional, tim vaksin dari TNI/Polri serta seluruh lapisan masyarakat Kota Dumai yang telah membuktikan kerja kerasnya dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 serta percepatan vaksinasi dalam pembentukan herd immunity di masyarakat.

Ucapan terima kasih juga ia sampaikan kepada Jhon Hopkins Centre for Communication Program (JHCCP) yang merupakan bagian dari USAID karena telah membantu Pemerintah Kota Dumai dalam program Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kota Dumai.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan JHCCP memilih Kota Dumai mewakili Riau dan juga merupakan keterwakilan ditingkat nasional, dengan pertimbangan Kota Dumai sebagai Kota di Provinsi Riau dengan pemberdayaan masyarakat yang aktif," tuturnya.

Hj. Leni berharap kepada seluruh masyarakat Kota Dumai khususnya para lansia yang mengikuti rangkaian acara untuk menghilangkan paradigma yang bermuatan hoax di masyarakat tentang vaksinasi.

"Tidak ada lagi lansia di Kota Dumai yang takut terhadap vaksinasi, takut efek samping, tidak yakin dengan evektifitas vaksin. Mari menjadi lansia yang sehat dan produktif," pungkasnya.

Turut hadir Wakapolres Dumai, Koordinator Provinsi Riau BA for Covid-19, Kepala OPD yang berkesempatan hadir, jajaran di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Dumai Kepala Puskesmas se Kota Dumai, para Fasilitator BA For Covid-19, Pahlawan Lansia SIAP Tingkat Nasional, Pimpinan Kalbe Nutritional, Lansia Sehat, serta hadirin tamu undangan.                         

#Muhardi.Koto

No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas