Breaking

Thursday, April 14, 2022

Pemko Bukittinggi Terapkan Aplikasi Bersifat Government to Government


MWawasan, Bukittinggi (SUMBAR)~ Arsip Nasional Indonesia ( ANRI ) bekerjasama Pemerintah Kota Bukittinggi telah di gelar sosialisasi sekaligus launching aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi Srikandi, Kamis (14/4/2022) di Aula Balai Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Sehubungan dengan kehadiran aplikasi ini merupakan suatu program yang sangat penting dan menjadi prioritas nasional yang bersifat Government to Government (G2G) yang dapat dimanfaatkan oleh instasi pusat maupun di daerah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Johnny kemarin menyebutkan, pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka memenuhi amanat Peraturan Presiden RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020, tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis. 
Perkembangan aplikasi umum dalam SPBE ini mencakup ada 8 bidang kegiatan pemerintah, salah satunya kearsipan," ujarnya.

“Untuk penerapan aplikasi Srikandi ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan efisiensi penyelenggaraan administrasi pemerintahan. Aplikasi Srikandi ini untuk Bukittinggi sudah memenuhi kebutuhan instrumen kearsipan, tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip serta sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis,” ujar Johnny.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bukittinggi, Erwin Umar ia selaku supporting teknis terkait aplikasi srikandi juga menjelaskan, aplikasi srikandi telah ditetapkan sebagai aplikasi umum. 

Bukittinggi sudah bangga dengan ada upaya dan kolaborasi yang telah terlaksana sejauh ini membuat  Kota Bukittinggi menjadi daerah pertama di Sumatera Barat yang memanfaatkan aplikasi Srikandi live ini," ujar Erwin Umar.
 
“Pada saat ini Dinas Kominfo telah mengurus aktivasi PNS email. Sebanyak 2476 email telah didaftarkan untuk pengurusan tanda tangan elektronik. Alhamdulillah Kota Bukittinggi telah menjadi daerah pertama di Sumatera Barat yang telah melaunching aplikasi srikandi ini,” jelas Erwin Umar.

Martias Wanto Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bukittinggi dalam sambutannya menyampaikan, dengan tumbuh pesatnya perkembangan aplikasi Srikandi di tanah air, berarti telah tumbuh kesadaran akan pentingnya pengelolaan arsip secara tepat dan cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini," ujar Martias Wanto.

“Dengan adanya Aplikasi Srikandi tentulah akan dapat menurunkan penggunaan kertas di pemerintahan, karena naskah – naskah dinas yang tercipta dari aplikasi Srikandi sifatnya sudah berbasis elektronik,” jelasnya.

Untuk pengunaan tanda tangan elektronik pada aplikasi Srikandi menjadi suatu hal yang penting, karena mulai dari pimpinan daerah, pimpinan instasi, pimpinan unit kerja dan unit pengolahan dapat mengunakan TTE (Tanda Tangan Elektronik) pada naskah dinas yang tercipta, sehingga proses birokrasi dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

Di sosialisasi ini juga menjadi bahan informasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menerapkan Aplikasi Srikandi di masing-masing instansi. Launcing ini akan menjadi saksi sebuah komitmen Pemko Kota Bukittinggi untuk serius dalam mengimplementasikan aplikasi srikandi segera mungkin. 

#H

1 comment:

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas