Breaking

Monday, November 8, 2021

Gedung Serbaguna IKTAB Dumai Diresmikan Walikota Dumai dan Bupati Tanah Datar

MWawasan, Dumai (RIAU)~ Gedung serbaguna Ikatan Keluarga Tanjuang Barulak (IKTAB) yang berada di jalan Pangkalan Sena Kota Dumai sudah rampung dibangun, akhirnya diresmikan oleh Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS dan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE pada Minggu (07/11/2021).


Pada acara peresmian Balairung/Gedung serbaguna IKTAB Kota Dumai, dihadiri dari berbagai undangan antara lain hadir dari Walikota Dumai beserta rombongan, Bupati Tanah Datar beserta rombongan, DPRD Kota Dumai, Muspida, Muspika, tokoh masyarakat, Ninik mamak, cerdik pandai dan tamu undangan warga IKTAB lainnya yang tidak bisa disebut nama satu persatu yang memenuhi gedung serbaguna IKTAB Kota Dumai.


Acara peresmian berlangsung meriah, terkesan jalinan tali silaturahmi antar warga IKTAB, terkesan erat dan kompak dan juga dimeriahkan  dengan mempersiapkan kesenian musik tradisional dan tari tarian kebudayaan khas Minangkabau.


Pada salah satu kata sambutannya, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengapresiasi, Dalam kondisi krisis saat ini, orang heboh dengan krisis namun disini tidak mengenal krisis, kita bisa membangun, buktinya kita bisa membangun dan saat ini bisa sama sama kita lihat nanti berserikat teguh dari IKTAB ini.


Dalam sambutannya juga Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE  melantunkan pantunnya, Hari Minggu pergi ke pekan jangan lupa beli srikaya, gedung baru sudah diresmikan, semakin semangat dalam berkarya.


Lalu pantun seiringnya, Jalan- jalan ke pinggir danau, duduk sebentar memancing ikan, sungguh pun senang hidup di rantau, kampung halaman jangan dilupakan.


Selanjutnya dalam kata sambutan Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS menyampaikan di hadapan yang hadir, "Saya tidak bisa banyak bicara dan tidak bisa banyak berbuat, karena  baru beberapa bulan kami dilantik, jadi banyak PR pemerintah perlu diselesaikan, yaitu perlu diselesaikan tahun 2022 tapi karena sistem keuangan yang berubah kami terlambat nih, karena Kabag Kesra kurang mengekspose dan seterusnya.  


Selain itu pada Pilkada tahun 2020 yang lalu, kemenangan kita yaitu berkat dukungan orang Minang bukan 80 % tapi hampir mencapai 100 % orang Minang mendukung kami, Alhamdulilah bapak bapak/ibu ibu, Ninik mamak dan hadirin yang kami muliakan, saya sampaikan kami telah mengeksekusi bahwa nanti beberapa SKPD Kadis- Kadisnya pada Mou kami, ada 7 orang Minang yang menjadi Kadis di Kota Dumai.


Kami tidak panjang lebar untuk menyampaikan beberapa program kerja yang kongrit dan Insyaallah pada Maret 2022 mendatang kami kongritkan antara lain: mengenai pendidikan, kami dengan Dinas Pendidikan telah membuat suatu buku yaitu buku pegangan siswa beradab, InsyaAllah pada Desember Mendatang sudah lounching perdana.


Buku siswa beradab ini merupakan buku- buku pegangan untuk anak- anak sekolah TK, SD dan SMP, kenapa demikian kami ingin mendekatkan anak siswa- siswa SD ke agama dan mempunyai jelas kerjanya, buku- buku ini dalam waktu dekat ini akan kita lounching, isinya sederhana sekali yaitu tentang ibadah 5 waktu dijaga, mengaji, membantu orang tua dijaga dan hal- hal lainnya yang bersifat positif.


Dalam bab buku ini ada isinya tentang sejarah agama, tentang kisah nabi dan  sahabat nabi lainnya. Intinya, kami ingin mendekatkan agama pada anak- anak kita, karena kami yakin melalui basik Agama sangat luar biasa, tanpa hukum agama Dumai tidak bisa berkembang.


Selain muslim, bagi yang non muslim juga kita persiapkan bukunya dan dalam hal ini sudah disuport oleh semua lintas suku. Agama. Dumai ini hidrogen ada 18 suku yang ada di Kota Dumai dan ini menjadikan hal yang luar biasa.


Selanjutnya mengenai kebersihan untuk itu kami dengan OPD sudah membuat suatu program yaitu nanti kami persiapkan di tiap kelurahan dipersiapkan 4 kaisar  plus dalam satu tim 10 untuk kebersihan dan besok sampah dijemput dari rumah ke rumah, ya hari ini kami mengalah karena kami lihat masyarakatnya kurang peduli dan InsyaAllah pada bulan Januari 2022 mendatang sudah kami perdayakan penanggulangan sampah.


Pada bulan Februari 2022 kalau ada ditemukan masyarakat buang sampah sembarangan, kami berikan sanksi karena sudah ada perda yang kami buat dan kami ingin menunjukan bahwa ada pemerintah di Kota Dumai.


Selain itu, untuk tahun depan juga akan ada anggaran Rp.20 milyard bagi empat kecamatan yaitu Dumai Kota, Dumai Timur, Dumai Selatan dan Barat, diprioritaskan untuk drainase, kebersihan dan jalan. "InsyaAllah tahun depan tidak ada lagi jalan di Kota yang berlubang, untuk itu kita bermohon dan berdoa supaya Covid 19 cepat berlalu di Indonesia", ungkapnya.


Kemudian mengenai Sosial ekonomi, kami juga dengan Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS), hari ini sudah terkumpul Rp.7 milyard dan BAZNAS akan kita peruntukan untuk pertumbuhan ekonomi kerakyatan, terutama untuk pedagang- pedagang sayur, padagang makanan dan untuk UMKM.


Rata- rata pedagang banyak dari orang Minang, kami harap bisa lari dari rentenir dan kita bantu pedagang dari jeratan rentenir, untuk itu kita menggali potensi dari zakat kita. Bapak- bapak/Ibu- ibu kami belum banyak berbuat, masih banyak PR kami dan kami yakin dukungan orang Minang luar biasa, saya ucapkan kepada seluruh orang Minang terima kasih banyak, kali ini kami sempatkan hadir kemari dan nanti siang ini kami akan melantik Ketua IKTD dan kami berharap kedepannya InsyaAllah saya dan orang Minang untuk sejalan dengan program Kota Dumai kedepannya.


Saya juga berharap kepada kakanda Eka Putra Bupati Tanah Datar, orangnya energik dan luar biasa wajar beliau, saya pikir dia dari PKS rupanya dia dari Demokrat, Slhamdulillah kita bukan melihat karena partainya tapi karena sosoknya yang luar biasa di Tanah Datar, tutur Paisal.


Di penghujung acara akhirnya Wali Kota Dumai H. Paisal. SKM, MARS menutup dengan pantunnya, Pergi ke hutan mencari gaharu, tak lupa membawa sekebat rotan, selamat menempati gedung yang baru, semoga kita jaya ke depan.


Sebagai penutup Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS mengucapkan dihadapan hadirin, pada hari ini, gedung Serbaguna IKTAB Kota Dumai dengan ini resmi kami buka.



#Muhardi f


No comments:

Post a Comment




"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas