Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Saturday, December 26, 2020

Selain Songket Yang Mendunia, Pandai Sikek Kini Kembangkan Wisata Agro


MWawasan,Tanah Datar (Sumbar) ~ Nagari Pandai Sikek yang terletak di Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar sangat terkenal dengan tenun songketnya bahkan sudah mendunia, selain itu nagari yang terletak di lereng gunung Singgalang ini juga memiliki pemandangan yang indah dan berhawa sejuk, sehingga sangat cocok untuk tanaman sayuran dan buah-buahan.

Tidak hanya dikenal lewat kekhasan songket dan ukiran Minangkabau ini, kini nagari tersebut terus berbenah dengan mengembangkan wisata bernuansa sayuran dan buah atau yang lebih dikenal dengan agrowisata.


Agrowisata yang diberi nama Agro Edu Wisata Lembah Marapi dan Singgalang (AEW LeMarsi) ini dilaunching langsung Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI Agung Hendri Adi bersama Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Daerah Irwandi dan turut didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Nusyirwan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Tanah Datar Daryanto Sabir, Kadis Pertanian Yulfiardi, Kadis Parpora Abdul Hakim  dan Sekretaris Dinas Parpora Prov. Sumbar,di Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto.


Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi pada kesempatan tersebut mengatakan jika Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi wisata agro namun belum bersinergi dengan pariwisata. Dan untuk tahun 2021 ke depan hal ini sudah disusun melalui program dan kegiatan yang bersinergi antara pariwisata dengan sektor lainnya termasuk agro ini.


"Ke depan kita akan mensinergikan pariwisata dengan berbagai sektor lainnya, seperti pertanian, home industri, termasuk sektor-sektor pendukung lainnya, jadi keberadaan AEW LeMarsi di Nagari Pandai Sikek ini dapat sebagai pemicu bagi daerah-daerah lain di Tanah Datar," ujarnya.


Ditambahkan Irwandi, ke depan juga akan dilakukan pembenahan dengan melibatkan stake holder terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata tentunya dan dinas-dinas lain untuk bersinergi mendukung pariwisata di Tanah Datar.


"Untuk meningkatkan dan mengembangkan pariwisata kedepan berbagai upaya akan dilakukan seperti pembenahan infrastruktur penunjang, dengan berbagai program dan kegiatan, bahkan program padat karya juga bisa kita arahkan ke lokasi agro wisata sehingga ini akan menjadi milik bersama, kita tidak ingin lokasi wisata agro nantinya akan kembali seperti areal pertanian atau perkebunan biasa lagi, dari itu kita juga akan membina kelompok-kelompok tani yang bergerak di bidang ini, sehingga mereka siap bertani, berwisata dan mengedukasi dan ini juga kita singkronkan dengan visi dan misi kepala daerah terpilih ke depan," ujarnya lagi.


Sementara itu Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan RI Agung Hendri Adi mengatakan agro wisata harus hebat, hebat infrastrukturnya, hebat pertanamannya, hebat petaninya dan semuanya harus hebat sehingga agro wisata dapat dijadikan sebagai tempat mengedukasi bagi petani daerah lain, anak-anak pelajar, mahasiswa dan berbagai kalangan lainnya.


"Saat ini kita launching agro wisata, kita berharap pemerintah daerah dapat menggerakkan stake holder yang ada disini untuk berkolaborasi, sehingga wisata agro dapat menjadi tempat pembelajaran, meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan dapat sebagai income tambahan bagi masyarakat tidak hanya dari pertanian namun juga dari pariwisata," ujarnya.


Untuk kedepannya disampaikan Agung agar lokasi agro yang saat ini masih terus dibangun agar ditata dengan baik, ditata tanaman b├╣didayanya, perbaikan pengelolaan hingga penyediakan restaurant karena wisatawan butuh makan dan kuliner yang spesifik.


Kegiatan launcing AEW LeMarsi ini turut dihadiri Kepala BPTP, Camat X Koto, Wali Nagari Pandai Sikek, dan undangan lainnya.


#MEP/IRFAN

No comments:

Post a Comment

BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas