Breaking

Wednesday, July 22, 2020

Wali kota Padang Terima Penghargaan Daerah Dengan Kinerja Koperasi Terbaik Kategori Kota Tahun 2020


MWawasan,Padang(Sumbar) ~ Berkat kesuksesan dalam mengelola Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang sejauh ini, Kota Padang diganjar sebuah penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar).

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menerima penghargaan "Daerah Dengan Kinerja Koperasi Terbaik Kategori Kota Tahun 2020" itu dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di aula Kantor Gubernur Sumetara Barat, Rabu (22/7/2020). 

Penghargaan ini pun diberikan dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional ke 73 Tahun 2020 yang jatuh pada 12 Juli 2020 lalu. Hadir mendampingi Wali Kota Padang Mahyeldi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Syuhandra, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis. 

Wali Kota Padang Mahyeldi usai menerima penghargaan mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang dan masyarakat Kota Padang mengaku bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Sumbar atas penghargaan tersebut. 

"Penghargaan ini akan kita jadikan sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan bidang koperasi dan UMKM di Kota Padang ke depan," ucapnya kepada wartawan.  

Ia menambahkan, koperasi memang menjadi pilar ekonomi sekaligus menjadi wadah untuk membangun usaha secara bersama-sama dalam mewujudkan ekonomi rakyat yang lebih sejahtera khususnya di Kota Padang. Sebagaimana pengembangan produk unggulan dan potensi UMKM memang harus disinergikan dengan koperasi.

"Untuk pembinaan UMKM, memang harus bersinergi dengan koperasi untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dan individual anggota koperasi itu sendiri," ujarnya.

Lebih lanjut atas nama Pemerintah Kota Padang Mahyeldi ikut mengucapakan selamat Hari Koperasi ke 73 Tahun 2020. Ia berharap gerakan koperasi di Indonesia, Sumbar dan khususnya Kota Padang akan semakin berkembang lagi guna mewujudkan ekonomi rakyat yang sejahtera.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya membacakan pidato Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Ia menyampaikan, ada sejumlah inisiatif yang sedang dilakukan untuk penguatan dan modernisasi koperasi di Indonesia saat ini. 

Pertama, yaitu melakukan perbaikan ekosistem kemudahan usaha yang memungkinkan koperasi bisa mengakses pasar yang lebih luas, pembiayaan serta mengembangkan kapasitas usaha seluas-luasnya. 

"Koperasi harus masuk ke sektor-sektor ekonomi unggulan nasional yaitu pangan, komoditi, maritim, pariwisata dan industri pengolahan. Begitu juga koperasi harus masuk pada sektor ekonomi kreatif, di mana anak-anak muda saat ini banyak terlibat dalam sektor tersebut," ulas gubernur.

Selanjutnya kedua kata Irwan, saat ini Kementerian Koperasi dan UKM sedang menyusun strategi nasional UMKM dan koperasi. Instrumen kebijakan yang nantinya dapat mewadahi kerja kolaboratif seluruh pemangku kebijakan. 

Ketiga, turbuIensi ekonomi masa pandemi Covid-19 memberikan pelajaran berharga bahwa koperasi sektor keuangan atau simpan pinjam sangat rentan dan mudah terkontraksi oleh eskalasi tersebut. Oleh karenanya perlu disiapkan sistem pengawas dan penjamin simpanan di koperasi agar bisa memberikan rasa aman bagi mereka yang menaruh simpanan atau investasi di Koperasi.

“Kita tentu berharap koperasi di Indonesia mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. Mari kita kobarkan semangat dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan ekonomi rakyat dalam pemulihan ekonomi nasional,” ujar Irwan mengakhiri.

Dalam peringatan Hari Koperasi Hari Koperasi ke 73 Tahun 2020 tingkat Sumbar ini juga diiikuti secara virtual oleh Bupati/Wali Kota se Sumatera Barat.


#Muliadi/Mu

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas