Breaking

Monday, June 8, 2020

Mahyeldi Tinjau Kesiapan Pusat Perhotelan dan Perbelanjaan Untuk Menuju New Normal

Walikota Padang Mahyeldi Tinjau Pusat Perdagangan
(Foto: Humas)
MWawasan,Padang(Sumbar) ~ Mengawali fase transisi menuju penerapan tatanan normal baru atau pola hidup baru (new normal) di tengah pandemi virus corona (Covid-19), Wali Kota Padang Mahyeldi beserta jajaran langsung melakukan peninjauan ke beberapa sektor terkait. Seperti kali ini meninjau pusat perbelanjaan dan hotel-hotel yang ada di Kota Padang. 

Seperti diketahui, Kota Padang baru-baru ini telah mengakhiri masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 3 dan mengambil sikap untuk menjalani masa transisi menuju new normal dari 8-12 Juni 2020. 

"Kali ini kita mengunjungi beberapa sektor terkait diantaranya seperti Transmart Padang dan juga Basko Hotel. Alhamdulilah, setelah kita tinjau langsung manajemen terkait sudah memahami dan mempersiapkan segala sesuatunya sesuai dengan protokol Covid-19," ungkap wako di sela peninjauan yang dilakukan, Senin (8/6/2020) pagi.

Mahyeldi menyebut, untuk menyongsong penerapan tatanan normal baru atau pola hidup baru di Kota Padang, pihaknya sudah membuat Peraturan Wali Kota (Perwako). Perwako itu akan terus disosialisasikan yang nantinya bakal ditindaklanjuti dengan melahirkan Peraturan Daerah (Perda). Upaya ini untuk pengaturan hingga sanksi tegas bagi warga yang melanggar protokol Covid-19 di masa pemberlakuan new normal.

"Mulai hari ini kita melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sudah mulai mensosialisasikan Perwako No.49 Tahun 2024 tentang Tatanan Pola Hidup Baru itu kepada seluruh stakeholder terkait dan juga seluruh warga Kota Padang. Mudah-mudahan insya Allah, Perwako ini dapat dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan semua masyarakat sehari-hari. Semoga dengan itu kita sama-sama bisa menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19 di kota yang kita cintai ini," imbuh Mahyeldi bersemangat.

Lebih lanjut orang nomor satu di Ibukota Provinsi Sumatera Barat itu pun mengungkapkan, saat ini kawasan Pasar Raya Padang masih menjadi salah satu klaster penyebaran Covid-19 yang tengah ditangani secara serius ke depan. Pihaknya pun melalui Dinas Perdagangan yang didukung elemen terkait akan terus melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut secara optimal dan berkelanjutan.

"Untuk di kawasan Pasar Raya Padang kita sudah melakukan swab test kepada lebih dari 2.000 pedagang sampai saat ini. Pemeriksaan ini akan kita lanjutkan terus sesuai pesan pak Gubernur Sumbar dan juga dukungan dari pihak Labor Universitas Andalas (Unand). Karena perlu kita ketahui bersama, dengan semakin maksimalnya kita melakukan swab test maka tentu semakin jelaslah mana yang positif dan negatif. Sehingga akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi siapa saja yang beraktifitas di sana. Alhamdulillah, sampai saat ini kita sudah melakukan swab test kepada sebanyak 14.000 orang total semuanya di Kota Padang," jelas wako.

Lebih lanjut Wali Kota Padang tersebut optimis dengan semua upaya yang dilakukan saat ini dan ke depan, akan memberikan dampak positif terutama rasa aman bagi kehidupan warga Kota Padang dalam beraktifitas. Apalagi saat memasuki fase new normal nantinya. Dengan demikian penyebaran Covid-19 pun akan terus semakin ditekan dan dikendalikan.

"Itu makanya, dengan meningkatnya jumlah orang yang kita swab itu merupakan sesuatu hal yang bagus. Alhamdulillah, berkat keseriusan dalam menangani penyebaran Covid khususnya di Pasar Raya Padang, kita juga mendapat apresiasi dari Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia," tuturnya.

Maka itu, Wako Mahyeldi berpesan kepada seluruh warga masyarakat Kota Padang dan stakeholder terkait diharapkan  menjalankan aktifitas sesuai protokol Covid-19 yang ada dalam Perwako No.49 Tahun 2020. 

"Sesuai protokol Covid-19 dan juga Perwako kita semua harus disiplin menjaga semua aturan yang mengatur segala sesuatunya. Mulai dari memakai masker kemana bepergian kalau bisa dibarengi alat pelindung diri (APD) lainnya. Cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer sesering mungkin, jaga jarak (social distancing/phsycal distancing) dan menjaga ketahanan atau imun tubuh. Insya Allah dengan itu semua kita akan terhindar dari penyebaran Covid-19 dan virus ini akan kita tekan dan kendalikan," pungkas wako mengakhiri.

Dikesempatan itu terlihat beberapa pimpinan OPD terkait mendampingi Wali Kota Padang yakni Kasat Pol PP Alfiadi, Kadis Perdagangan Andree Algamar, Kepala Bapenda Al Amin dan Kadis Sosial Afriadi. Selain itu juga Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis, Kabag Perekonomian dan SDA Swesti Fanloni dan Kabag PBJ Novalino serta lainnya.

Sebelum melakukan peninjauan ini, Wakil Wali Kota Padang Hendri Hendri Septa mendampingi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno juga telah melakukan peninjauan ke Transmart Padang, guna melihat kesiapan Transmart Padang  yang tengah menuju fase transisi penerapan tatanan normal baru atau pola hidup baru (new normal).

#Muf/Hums/*

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas