Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Sunday, May 17, 2020

Zero Covid-19, Kabupaten Sijunjung Masih Zona Hijau

MWawasan, Sijunjung (Sumbar) ~ Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, drg. Ezwandra, M.Sc menyampaikan capaian dan hasil dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Sijunjung yang cukup memuaskan dengan hasil zero covid-19. 

"Sekarang kita mendapat hasil yang bagus, hari ini Kabupaten Sijunjung yang positif covid-19 nol. Jadi sebenarnya Kabupaten Sijunjung masih termasuk kedalam zona hijau," sebutnya.

Hal itu diungkapkan Ezwandra dalam temu pers di Media Centre Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sijunjung di Balairung Lansek Manih, Jumat (15/05).

Kegiatan temu pers itu dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sijunjung, Rizal Efendi. Selain Kepala Dinas Kesehatan Ezwandra, juga hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Ir Nizam Muluk dan dihadiri lebih dari 30 wartawan Sijunjung. 

Disebutkan Ezwandra, jumlah notifikasi bertambah 29 dengan total notifikasi saat ini menjadi 6213 orang dengan sebaran 8 kecamatan di Kabupaten Sijunjung. Kecamatan Sumpur Kudus 602, Koto VII 729, Kapitan 531, IV Nagari 573, Sijunjung 1011, Lubuk Tarok 651, Tanjung Gadang 855 dan Kamang Baru 1412 orang, dengan jumlah ODP 6 orang, PDP 0 dan Orang Tanpa Gejala (OTG) 10 orang. 

Menurut Ezwandra Kabupaten Sijunjung sampai saat ini masih dinyatakan zero covid-19 dengan jumlah sample swap sebanyak 154 dengan hasil negatif. Dan yang diambil swapnya hari ini adalah OTG kelompok santri dari Pesantren Tombol Jawa Timur yang belum lama ini pulang ke Sijunjung. 

Namun meski demikian, Ezwandra tetap mengingatkan terkait penerapan PSBB jelang lebaran agar dilakukan dengan hati-hati dan disiplin. 

"Peningkatan kasus akan terjadi pada tanggal 21 Mei 2020 hingga lebaran. Sekarang masih banyak masyarakat yang tidak pakai masker. Untuk itu diharapkan kepada kawan-kawan di Puskesmas dan di Pustu untuk selalu siaga meski kita negatif. Himbau masyarakat untuk pakai masker dan cuci tangan pakai sabun," tegas Ezwandra. 

Dalam temu pers tersebut Nizam Muluk selaku Kadis Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung juga memaparkan program yang dijalankan dalam menghadapi dampak covid-19. 

Nizam dipercaya Bupati dalam menyisir masyarakat Kabupaten Sijunjung yang terdampak covid-19 tetapi belum pernah mendapat berbagai bantuan baik dari pusat maupun provinsi. 

"Kami akan menggandengkan data KK yang valid dengan data KK yang penerima bantuan yang sudah dengan yang sedang berlangsung saat ini. Sehingga yang belum mendapat bantuan terdampak covid-19 akan ditetapkan sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD Sijunjung," ucapnya

#Ayu

No comments:

Post a Comment

BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas