Breaking News

Tips Sahur Sehat di Saat Pandemi Covid-19

MWawasan,Madura (Jawatimur) ~ Bulan suci Ramadhan kembali menyapa. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang selalu di nanti-nati umat muslim seluruh dunia.

Umat Muslim wajib hukumnya berpuasa. Selain sebagai ibadah dengan menahan lapar dan dahaga mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, puasa juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Meskipun ramadhan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lantaran wabah virus corona. Namun, tidak menghalangi umat muslim untuk tetap beribadah dan tetap menjaga pola hidup sehat. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan selama bulan puasa yaitu sahur. Mengapa?

Karena sahur merupakan salah satu terpenting untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam menjaga asupan nutrisi dan energi selama berpuasa. Dengan demikian, asupan yang dikonsumsi pada saat sahur harus dapat memenuhi kebutuhan selama berpuasa. Maka dari itu, kita harus lebih selektif dalam mengonsumsi makanan pada saat sahur, karena tubuh harus menghadapi 2 tantangan dari puasa ramadhan full seharian dan pandemi wabah covid-19.

Agar tetap sehat ketika berpuasa dan puasa lancar selama pandemi covid-19, tubuh membutuhkan makanan yang bergizi tinggi dan dapat menjaga sistem imun tubuh, berikut tips sahur sehat di saat pandemi covid -19 :

Minum air

Air sangat bermanfaat bagi tubuh, karena dapat mencukupi cairan di dalam tubuh yang hilang ketika berpuasa. Minumlah air secukupnya minimal 3 gelas. Dan mengonsumsi air juga sangat bermanfaat pada saat pandemi Covid-19, karena dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, namun tidak menjamin dapat mencegah infeksi virus corona. 

Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, karena hal tersebut justru membuat cepat haus. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.Seperti, nasi putih. Karena nasi mengandung serat tinggi sehingga membuat tubuh tetap berenergi setelah sahur hingga berpuasa.

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. 
Seperti halnya tahu, tempe dan berbagai jenis ikan laut. Karena dengan mengonsumsi makanan tersebut tubuh akan tetap fit dan tidak cepat lemas.

Dan ikan laut juga memiliki kandungan esensial untuk membangun pertahanan diri pada saat covid-19.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayur mayur
Buah dan sayur sangat baik di konsumsi saat sahur, karena kandungan  buah dan sayur di dalamnya mempunyai kandungan dan serat yang tinggi yang sangat penting untuk menjaga kondisi di tengah pandemi covid-19. Sebab, terkadang orang yang berpuasa akan mengalami tenggorokan kering dan radang. Sehingga, dengan mengonsumsi buah dan sayur dapat mengurangi peradangan di tenggorokan.

Selain itu, ada pula untuk menjaga kesehatan tubuh ketika sahur yaitu keseimbangan sekunder seperti, menjaga kebersihan lingkungan. Dimana pada saat pandemi Covid-19 kita di tuntut untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Dimana dimulai dari lingkungan keluarga. Serta menjaga stamina tubuh dengan istirahat secukupnya. Hal ini, sangat mendukung untuk menjaga kesehatan ketika melaksanakan sahur di bulan Ramadhan ini dan pada saat pandemi Covid-19.


Profil Penulis : 
Nama : Aini Afiyati
Jurusan : Tarbiyah
Prodi : Pendidikan Bahasa Arab
Semester : VI
Instansi : IAIN MADURA


No comments