Breaking News

BLT Dari Dana Desa Mulai Dicairkan Empat Desa Di Kecamatan Abung Selatan


MWawasan - (Lampung Utara) - Camat Abung Selatan Syahrulloh,SH.MH. menghadiri acara pembagian bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) di empat desa yang ada di kecamatan setempat.

“Alhamdulillah, kita hari ini melihat secara langsung pembagian bantuan langsung tunai (BLT) DD di empat desa yaitu desa Candimas,Ratu Abung,Bandar kagungan raya, dan desa Termodadi, bagi warga yang terdampak dari covid-19 sesuai dengan kriteria surat edaran dari kementerian bagi penerima BLT DD”, Kata Syahulloh, Kamis (21/5/2020).

Dijelaskannya, Warga penerima BLT DD di desa Termodadi sebanyak :159 KK,desa Bandar kagungan Raya 156 KK,desa Ratu Abung 148 KK dan di desa candimas  157 KK yang dibagikan BLT DD tersebut.

“Kita juga sudah melakukan validasi pemutakhiran data bagi penerima BLT supaya tidak terjadinya tumpang tindih bagi penerima bantuan dari dana desa itu,” terang Syahrulloh.SH.MH. 

Menurut dia, proses pendataan dibawah, kepala desa membentuk tim relawan, sesuai dengan regulasinya dari permendes, ” Mereka lah yang mendata calon penerima bantuan, setelah didata terus divalidasi internal desa dalam musyawarah desa khusus beserta kepala desa dan jajaran aparatur desa serta didampingi pendamping PKH, pendamping desa,” paparnya.

Selain itu, pemerintah desa juga meminta data dari dinas sosial agar bantuan dari BLT DD ini benar-benar tepat sasaran dan tidak tumpang tindih dengan bantuan yang lain. Begitu juga di kecamatan melakukan validasi kembali dengan data dari dinas sosial warga yang sudah masuk data penerima bantuan dari BST Kemensos.

“Yang pertama kita memakai data PKH, BPNT, penerima bantuan sembako, dan yang terakhir kita juga memakai data dari bantuan sosial tunai (BST) Kemensos, itu salah satu basis data,
 kita untuk validasi bagi calon penerima BLT dana desa agar supaya bisa tepat sasaran," ujarnya.

"Syahrulloh Berharap kepada warga penerima BLT dana desa, di desa candi mas,ratu abung,bandar kagungan raya,dan  di desa termodadi  tersebut, bisa digunakan seefektif mungkin untuk kebutuhan pokok sehari-hari agar benar-benar bantuan ini dirasakan oleh masyarakat bagi penerima bantuan tersebut,"tambahnya.

Tampak Dalam pembagian bantuan langsung tunai dana desa tersebut, dihadiri Kapolsek Abung Selatan, bhabinkamtibmas, Babinsa,pendamping desa, aparatur desa setempat, serta warga bagi penerima bantuan tersebut,"jelasnya.


"Dalam penggunaan dana desa untuk penyaluran BLT, diatur dalam permendes PDTT,nomor 6 tahun 2020 yang merupakan  revisi permendes PDTT nomor  11 tahun,2019 tentang prioritas pembangunan dana desa tahun 2020."tutup nya.

#Derry sp

No comments