Breaking

Saturday, March 28, 2020

Satu Orang Pasien Positif Covid -19 Asal Padang Tutup Usia


Foto: Humas Pemprov sumbar

MWawasan,Padang (Sumbar) ~ Setelah beberapa  hari dirawat diruangan isolasi,satu orang pasien yang  positif Covid-19 di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan meninggal dunia, Sabtu (28/3/2020). Pasien tersebut sebelumnya sempat dirawat di Semen Padang Hospital.

Ketua Harian Satuan Gugus (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Kota Padang Barlius mengatakan pasien positif yang meninggal pada pukul 10.00 WIB. Saat ini pihak rumah sakit masih melakukan prosedur pemulangan jenazah.

“Iya betul meninggal di SPH, ini positif yang meninggal. Sekarang masih penyelenggaraan (jenazah) di SPH,” kata Barlius dihubungi langgam.id, Sabtu (28/3/2020).

Ia mengungkapkan satu pasien yang meninggal ini merupakan satu warga Padang yang diumumkan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat (27/3/2020) malam.

“Jenis kelamin kalau enggak salah perempuan. Tapi ini bukan yang petugas medis. Petugas medis masih dirawat di RSUP M Djamil,” katanya.

Barlius mengungkapkan semua prosedur penanganan jenazah sesuai standar operasional prosedur. Jenazah pasien akan dibungkus dan dimasukkan ke peti kedap.

“Prosedur sudah ada, semua diselanggarakan di rumah sakit, mulai salat, dikafani, dibawa ke rumah duka tinggal dimakamkan lagi. Tidak boleh dibuka. Pemakaman juga akan berlangsung jauh,” tegasnya.

Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Padang akan memantau proses pemakaman yang dibantu pihak rumah sakit. Para petugas nantinya juga akan dilengkapi alat pelindung diri (APD).

“Keluar dari rumah sakit langsung di pemakaman. Tidak ada buka-buka jenazah lagi, karena sudah disalatkan. Petugas medis yang membawa dengan perlengkapan APD lengkap. Kami mengamati dari jauh nanti,” tuturnya.

Data pasien positif Covid-19 yang meninggal tersebut juga sudah dimuat Pemko Padang di situs resminya.



#Mep/Langm

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas