Breaking

JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.mediawawasan.com/p/roller-coaster-script-by-javascript.html
COVID-19 DI DUNIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/blog-page.html
COVID-19 DI INDONESIA Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang.html
COVID-19 DI SUMATERA BARAT Klik!
https://www.mediawawasan.com/p/covid-19-di-sumbar.html
COVID-19 DI KOTA PADANG Klik!

Saturday, February 1, 2020

Nagari Balah Aie Timur Padang Pariaman Kembangkan Kambing Etawa

MWawasan, Pariaman (SUMBAR)~ Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat anak Nagari Balah Aie Timur, Kecamatan Sungai Sarik, Kabupaten Padang Pariaman, terus digenjot oleh Wali Nagarinya. Ini merupakan salah satu bentuk kongkrit pemberdayaan peningkatan ekonomi anak nagari. 

Saat Kunjungan www.mediawawasan.com, Kamis (29/1) ke lokasi kandang Kambing Etawa, Wali Nagari Balah Aie Timur, Suardi Dt Nan Sati memaparkan, peternakan kambing Etawa ini perdana di Kabupaten Padang Pariaman, untuk kelompok tani sebanyak 33 ekor. Lebih jauh dijelaskannya, Kambing Etawa ini kusus didatangkan dari pusat penakarannya di pulau Jawa sebanyak 33 ekor, terdiri dari 5 ekor pejantan dan 28 ekor betina, dengan 15 orang satu kelompok juga di kontrol langsung oleh wali korong, dibawah binaan BUmNag, pungkasnya.

"Etawa yang didatangkan ini khusus untuk olahan  susu dan sebahagiaan dikembangbiakan, ini peradana kita kembangkan. Sistem pengelolaan secara suka rela dan masyarakat saling bekerja sama", ujar Datuk Nan Sati.

Dikarekan kita baru pemula, jadi kita banyak belajar dan studi banding ke Payakumbuh juga daerah- daerah yang sudah ada peternak kambing Etawa ini, kita juga berharap sokongan dari semua unsur masyarakat dan pemerintahan agar bisa berjalan sesuai dengan harapan kita semua, Ulasnya.

Ia melanjutkan, sumber anggaran yang kita gunakan berasal dari dana pokir anggota DPRD Propinsi tahun 2019, ibu Endarmi, kemudian dikelola oleh swadaya masyarakat. Kedepan, hasil dari perkembang biakan ini nantinya akan dibentuk kelompok baru lagi, artinya ada pemerataan kesejahteraan ekonomi masyarakat nagari Balah Aie Timur ini, tuturnya.

"Kami berharap adanya pendamping dan pembinaan dari dinas terkait agar ternak ini berhasil, selain itu juga dari pemkab Padang Pariaman bisa menambah bagi kelompok masyarakat lainnya. Sebab, lokasi yang luas ini, masyarakat nagari sudah memberikan area yang luas untuk pengembangan ternak Etawa di lokasi  yang ada ini", harapnya.

Sementara itu, Kardimon Ketua Forum Wali Nagari Kecamatan Sungai Sarik, sangat mendukung langkah dan terobosan ternak kambing Etawa ini, kita berharap di Kenagarian Balah Aie Timur ini sebagai sentral kambing Etawa. Selain itu, dari satu menjadi dua bahkan setiap Nagari yang ada di Kecamatan Sungai Sarik ini memiliki ternak Kambing etawa ini, ulas ketua Forum Wali Nagari ini.

"Jadi, besar harapan kita ada, bantuang langsung dari perintah baik tingkat I maupun tingkat II, agar kesejahteraan masyarakat nagari terua tumbuh dan berkembang, salah satunya seperti peternak kambing etawa ini", harap Kardimon.

Selain itu juga, selain peningkatan ekonomi masyarakat nagari, juga kedepan bisa sebagai wisata baru bagi masyakat. Kenapa demikian, selain kandang ternak, disini juga ada kolam pancing, imbuhnya.

#Rie

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang diSemoga Anda Puas